Notification

×

Iklan

Iklan

Dampak Cuaca Ekstrem, Dua Wilayah Jakarta Diimau Siaga Banjir

29 Desember 2021 | Rabu, Desember 29, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-29T05:59:53Z


Serambiupdate.com
Dua wilayah Jakarta diimbau mewaspadai banjir pada hari Selasa (28/12).

 

Imbauan ini dikeluarkan oleh Badan Penanggulangan Bencana  (BPBD) Provinsi DKI Jakarta melalui akun Instagram resminya @infoBMKG. 

 

Dua wilayah tersebut terdiri dari, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan diperingatkan tentang kemungkinan banjir karena kondisi cuaca ekstrem yang sering terjadi  belakangan ini. 

 

"Waspadai kondisi cuaca ekstrim di DKI Jakarta. Duraso 28 Desember 2021. Berdasarkan hasil analisis data  BMKG dengan Impact Based Forecasting (IBF) dan BNPB dengan InaRisk, kemungkinan banjir pada  28 Desember 2021 harus diwaspadai,” demikian kutipan pada akun @infoBMKG.

 

Atas dasar itu, masyarakat diminta untuk tetap waspada dan waspada terhadap risiko kondisi cuaca ekstrem, baik hujan secara sporadis, hujan lebat, dan berjangka pendek, disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es. 


Dari kemungkinan ini dapat berpotensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung khususnya bagi masyarakat yang  tinggal di daerah rawan bencana hidrometeorologi 

 

Berikut daerah yang termasuk dalam siaga banjir, yakni Jawa Tengah: Cilacap, Demak, Banyumas, Wonogiri. Jawa Barat: Bogor, Garut. Jawa Timur: Pasuruan, Mojokerto. DKI Jakarta: Jakarta Timur, Jakarta Selatan 


Rincian daerah tersebut merupakan daerah tingkat historikal banjir tertinggi berdasarkan DIBI (Data Informasi Bencana Indonesia). (pr)

=