Notification

×

Iklan

Iklan

Alasan Varian Omricron Belum Terdeteksi Di Indonesia, Ini Kata Ahli !

06 Desember 2021 | Senin, Desember 06, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-06T06:57:16Z

 


Serambiupdate.com Varian baru dari virus Corona B.1.1.529 atau biasa disebut Omricron sudah terdeteksi di beberapa negara tetangga Indonesia yaitu Malaysa, Singapura dan Australia. Malaysia melaporkan bahkan mereka yang terlebih dahulu terdeteksi di banding Afrika Selatan.


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan dan menetapkan bahwasanya varian ini yang menyebabkan peningkatan penularan dan kematian, serta juga mampu mempengaruhi efektifitas Vaksin.


Ahli Epidemiologi mengatakan alasan mengapa varian Omricron belum terdeteksi di Indonesia,


Ahli Epidemiologi Indonesia mengatakan di Griffith University Dicky Budiman mengatakn mengapa Afrika Selatan terdeteksi Varian Omricron terlebih dahulu, karena mereka punya sistem pelacakan yang baik, yaitu Surveilans Genomik.


Surveilans Genomik adalah upaya pelacakan dan pemantaun genom virus corona guna mencegah meluasnya penyebaran virus.


Menurut Dicky,Varian Omricron sudah masuk ke Tanah air jika Indonesia Survelians Genomik di lakukan di Indonesia.


"Kita harus menyadari bahwa Surveilans Genomik di kita sangatlah lemah hanya 0,2 persen dari total kasus yang ada terus di squencing, sehingga kemampuan kita dalam memahami Varian baru ini sangat kurang" Ujarnya


Dicky juga berharap agar Surveilans Genomik yang di lakukan pemerintah dapat mencapai 1 persen atau 0,8 persen sama seperti Afrika Selatan. dengan demikian pemerintah akan mendapatkan gambaran tentang kondisi terbaru virus Corona.



ADMIN VS

=