Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa UHAMKA Melaksanakan PLP 1 di SDN Gunungsari IV Kasokandel

05 Oktober 2021 | Selasa, Oktober 05, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-05T00:44:14Z


Serambiupdate.com
Mahasiswa FKIP UHAMKA (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka) dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yaitu Dandi Anugrah melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) pada hari selasa (27/9) di SDN Gunungsari IV yang berlokasi di perumahan Gunungsari indah, Desa Gunungsari, Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat dengan kepala sekolah yaitu Bapak Yayan suryana S.Pd.I .Dalam melaksanakan PLP 1 ini mahasiswa diarahkan  oleh dosen pembimbingnya yaitu bapak dr.Aslam M.pd.Dan ketika melaksanakan PLP 1, protokol kesehatan masih dipatuhi untuk pencegahan penyebaran Virus covid- 19.

 

Kegiatan PLP 1 Merupakan tahap pertama dalam Kegiatan pengenalan lapangan persekolahan dari program sarjana pendidikan yang dilaksanakan oleh mahasiswa semester 5 . Dan tujuan dari PLP 1 yaitu ; (1) Untuk mengamati Kultur sekolah;(2) mengamati struktur organisasi dan tata kelola disekolah ; (3) Mengamati peraturan dan tata tertib sekolah;(4) praktek pembiasaan positif di sekolah (5) Mahasiswa mengamati kegiatan ceremonial-formal sekolah;(6) dan Mengamati kegiatan-kegiatan rutin di sekolah.

 

 “Kegiatan pembelajaran di SDN Gunungsari IV ketika Pandemi covid menggunakan metode daring yaitu, guru Menggunakan media wattsapp group untuk memberikan tugas,pengumpulan tugas dan memberikan informasi kepada siswa dan orangtua terkait pembelajaran yang akan dilaksanakan.Lalu, memberikan tugas video kepada siswa yang isi di dalamnya harus dilakukan oleh siswanya ”. Ucap Bapak Suparman S.Pd.I selaku guru pamong SDN Gunungsari IV.

 

Tidak lama kemudian, SDN gunungsari IV melaksanakan pembelajaran luring atau tatap muka yang dimulai pada Hari senin tanggal 13 september 2021.Untuk pembelajaran tatap muka sendiri masih belum berjalan kondusif pada saat ini. karena warga sekolah masih membutuhkan waktu untuk  menyesuaikan diri dengan suasana pembelajaran yang baru.Dan media yang dipakai ketika pembelajaran luring yaitu menggunakan buku tema sebagai bahan ajarnya.dan kegitan lain pun masih belum sepenuh dilaksanakan pada saat ini.

 

Dan kendala-kendala lain ketika pembelajaran Daring Yaitu : Orang tua mengeluh karena anaknya kesulitan melaksanakan kegiatan pembelajaran, Orangtua masih ada yang kurang paham dengan sistem pembelajaran online ,Anak merasa jenuh ketika terlalu sering mengikuti pembelajaran dirumah.Guru kesulitan mengoreksi tugas siswa karena telatnya pengumpulan tugas dari siswa, Dan jaringan internet terkadang jadi alasan keterlambatan mendapat informasi dari sekolah.

 

 “Terkadang yang belajar itu malah orang tuanya karena si anak tidak mengikuti pembelajaran ya alasanya bosan jenuh karena terlalu sering belajar daring”. Ucap bapak Suparman Spd.I selaku Pamong guru SDN Gunungsari IV.

 

Ketersediaan Sarana  dan Prasarana merupakan Salah Satu penting yang harus terpenuhi dalam menunjang pencapaian tujuan pendidikan. Dalam masalah Sarana Prasana di SDN gunung sari IV  menyediakan 6 kelas bagi murid, 1 perpustakaan, 2 Toilet ,internet,Lapangan Multifungsi dan Kantor guru.Dalam hal ini SDN Gunungsari IV masih ada kekurangan karena beberapa ruangan ada yang tidak berfungsi atau rusak.Kepala sekolah telah mengajukan proposal terkait pembangunan sekolah akan tetapi masih belum ada realisasi dari pemerintah.

 

“Saya telah mengajukan proposal kepada dinas tapi sampai sekarang ini belum ada realisasi dari pemerintah.” Ucap bapak Yayan Suyarna S.Pd.I selaku kepala sekolah SDN Gunungsari IV.

 

Untuk Kelas sendiri yaitu 2 kelas dan 2 toilet tidak berfungsi.Untuk mengantisipasi kelas,dibuatlah jadwal pergantian antar kelas yang sudah disesuaikan jadwalnya sementara waktu.Lalu,untuk toilet sendiri warga sekolah  memakai toilet umum masjid yang dekat dengan sekolah dan sudah meminta izin .Kemudian,Perpustakan di gabung dengan kantor sekolah.

 

Dengan adanya pelaksanaan PLP 1 (Pengenalan lapangan Persekolahan 1 ),Kita dapat mengetahui Permasalahan-pemasalahan yang sedang dihadapi sekolah pada saat ini termasuk kegiatan pembelajaran di sekolah .

=