Notification

×

Iklan

Iklan

Kurang Efektif nya Pembelajaran Via Online

10 Oktober 2021 | Minggu, Oktober 10, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-10T13:23:40Z


Naura Ghea Isnaen

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FIKES UHAMKA

Pada saat ini,dunia sedang menghadapi masalah besar. Munculnya suatu wabah penyakit yang disebabkan oleh Virus, yaitu Virus Corona atau yang sering disebut dengan Covid-19. Hampir semua aspek kehidupan mengalami perubahan – perubahan yang sangat drastis dan semakin hari semakin mengkhawatirkan. Semuanya telah merasakan dampak dari Virus Corona ini,bukan hanya orang perkantoran saja tetapi anak sekolah pun juga merasakan dampaknya,mereka harus melakukan pembelajaran secara online.

Dalam penerapan pembelajaran secara online ini tidak sedikit siswa yang mengeluh karena kesulitan dalam belajar,yang dipicu dari beberapa faktor: 1.) Siswa yang tidak memiliki gadget, Siswa yang belum mengetahui teknologi, kasus seperti ini banyak dialami oleh anak SD Dan TK. Selain itu,masalah utama yang dialami semua siswa adalah jaringan yang sering kali tidak stabil. Hal ini merupakan tantangan besar untuk Siswa dan Orang Tua karena Orang Tua dituntut untu selalu mendampingi Siswa dalam proses belajar online,kebanyakan Orang Tua yang ada juga  tidak paham mengenai penggunaan teknologi.  2.) Kurangnya interaksi fiksi antara guru dan siswa, kebanyakan siswa kesulitan dalam mengerjakan tugas karena tidak adanya penjelasan-penjelasan dari guru tentang tugas yang diberikan. 3) Tugas yang diberikan guru sangat banyak dan sementara waktu yang diberikan sangat singkat, bagaimana siswa bisa belajar dengan maksimal. 4) Akibat kurangnya interaksi langsung antara guru dan siswa, otomatis berkurang juga internalisasi nilai-nilai karakter yang seharusnya ditanamkan oleh seorang guru ke dalam diri siswa. Seharusnya Pemerintah sebelum membuat keputusan lebih baik memikirkan nasib kedepannya bagi siswa yang tidak terlalu paham tentang teknologi dan banyaknya gangguan-gangguan seperti jaringan. Untuk saat ini walaupun pemerintah sudah mengupayakan beberapa cara untuk pembelajaran online tetap saja masih tidak bisa optimal.

Di balik kesedihan ini, kita bisa mengambil hikmah dari adanya Virus Covid-19 ini. Pandemi Covid-19 ini mungkin datang sebagai ujian untuk kita semua, apakah kita bisa mencerdaskan kehidupan bangsa ini walau dalam kondisi yang seperti ini.


=