Notification

×

Iklan

Iklan

Yuk Simak Tips Agar Kuliah Daring Tetap Berjalan Lancar!

Jumat, 01 Oktober 2021 | 10/01/2021 11:27:00 AM WIB | Last Updated 2021-10-01T04:27:00Z

Serambiupdate.com Sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia saat ini masih melangsungkan pembelajaran secara daring, meskipun ada juga beberapa kampus yang sudah melakukan uji coba kuliah luring.

 

Perkuliahan daring ini seringkali dikeluhkan oleh mahasiswa maupun dosen karena banyaknya kendala yang terjadi, terutama bagi mahasiswa baru yang belum banyak tau tentang proses perkuliahan yang agak berbeda dengan sekolah.

 

Berikut adalah tips agar pekuliahanmu tetap berjalan lancar meskipun berjalan secara virtual.

 

1. Pastikan Sinyal Stabil

 

Sinyal adalah salah satu faktor penting yang harus di perhatikan kala kuliah daring, tanpa sinyal maka kamu tidak akan bisa mengikuti perkuliahan. Terlebih jika dosen memberlakukan pembelajaran via virtual meeting, tentu membutuhkan kekuatan sinyal yang stabil.

 

2. Kerjakan Tugas di Hari yang Sama

 

Tugas adalah salah satu hal yang wajib dan pasti ada dalam kehidupan mahasiswa. Terkadang tugas datang bersamaan dengan deadline yang mepet, agar tidak keteteran saat tugas menumpuk atau terjadi kendala yang mendadak, usahakan untuk mengerjakan tugas pada hari itu juga. Misalnya tugas tersebut hanya mengerjakan soal atau meresume kecil, tentu bisa diselesaikan pada hari yang sama. Jika tugas tersebut agak sukar, setidaknya kamu bisa mencicil sedikit demi sedikit.

 

 

3. Komunikasi yang Lancar dengan Teman

 

Dalam proses kuliah daring biasanya sering terjadi kendala teknis atau miskomunikasi, untuk mengatasi hal ini kamu bisa meminta bantuan teman sekelasmu untuk saling bertukar info. Oleh karenanya mencari teman yang bisa diajak kerja sama hukumnya wajib, dengan begitu kalian tidak akan ketinggalan informasi atau miskomunikasi dengan dosen atau teman yang lain.

 

 

4. Tetap Aktif di Kelas

 

Meskipun pertemuan kelas dilakukan secara virtual namun hal tersebut hendaknya tidak mengurangi semangat kita dalam belajar, termasuk untuk aktif dalam kegiatan perkuliahan. Pasalnya, keaktifan dalam kelas sering dijadikan sebagai nilai tambahan. Oleh karena itu kita dituntut untuk terus fokus dan aktif dalam kelas. Simak penjelasan dosen dengan baik, kerjakan tugastepat waktu, dan tentunya hadir dalam setiap perkuliahan.

 

Itulah tips-tips agar kuliah dari rumah berjalan lancar, bagi kamu mahasiswa baru setidakya mengetahui hal-hal kecil seperti diatas agar tidak terjadi miskomunikasi atau tertinggal dalam perkuliahan daring ini.

 

=