Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Pendidikan

Rabu, 08 September 2021 | 9/08/2021 04:54:00 PM WIB | Last Updated 2021-09-08T09:54:27Z



Karya Indah Taufani Angkawijaya Putri

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Pendidikan adalah istilah untuk proses pembelajaran baik itu pengetahuan, keterampilan, ataupun kebiasaan yang dilakukan oleh suatu kelompok dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui beberapa metode seperti pembelajaran, pelatihan maupun penelitian. Pendidikan di Indonesia sendiri terbagi dalam beberap tahap, seperti prasekolah atau biasa umum disebut dengan TK, sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah akhir (SMA), perguruan tinggi, bahkan jika diperlukan untuk magang.

Pendidikan sendiri tidak selamanya hanya bisa dilakukan secara formal mengikuti tahapan seperti atas, namun bisa dilakukan diluar hal tersebut secara autodidak, atau mengikuti kelas-kelas khusus selain tahapan formal di atas. Seperti mengikuti kursus bahasa, kursus bermain alat musik, kursus menyanyi dan sebagainya.

Pendidikan merupakan hal yang dianggap paling penting di dunia. Karena untuk mengubah dunia, kita memerlukan orang-orang yang berpendidikan. Mengapa pendidikan sangat penting? Menurut saya, pendidikan salah satu cara atau proses seseorang agar bisa mengembangkan diri dari segi manapun. Orang yang memiliki pendidikan tidak akan mudah dipermainkan bahkan ditipu oleh orang lain.

Selain itu, pendidikan juga sangat berguna untuk generasi penerus kita. Karena jika generasi kita menerima ilmu yang baik dan bermanfaat, maka kita bisa memberikannya dan dapat diteruskan oleh generasi setelah kita. Karena saat ini, mulai banyak orang yang menyepelekan pendidikan bahkan sejak usia dini. Entah itu karena faktor malas yang berasal dari orang tersebut, ataupun tuntutan keadaan.

Saking pentingnya pendidikan, bahkan saat ini di Indonesia sudah banyak cara-cara pemerintah untuk mempermudah generasi-generasi bangsanya menimba ilmu pendidikan. Mulai dari pemberian beasiswa, jaminan pendidikan, dan lain sebagainya. Maka tidak ada alasan lagi untuk kita menyepelekan pendidikan. Sudah banyak jalan dan cara yang terbuka lebar jika kita memang ingin menimba ilmu.


=