Notification

×

Iklan

Iklan

Mengapa pendidikan karakter itu penting ?

08 September 2021 | Rabu, September 08, 2021 WIB | Last Updated 2021-09-08T09:52:24Z



Karya Rika Witriyanti

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Pendidikan karakter secara formal adalah pendidikan yang sistematis dan terencana untuk mendidik, memberdayakan, dan mengembangkan peserta didik agar dapat maksimal dalam membangun karakter secara pribadi. Sehingga, individu dapat tumbuh menjadi individu yang bisa memberikan manfaat bagi dirinya sendiri, bagi keluarga, bangsa, dan negara. 

Para pendahulu kita juga sudah merumuskan loh sebenarnya bagaimana pendidikan itu harus berjalan. Ki Hadjar Dewantara dalam buku 60 Tahun Tamansiswa telah berpikir lebih jauh tentang bagaimana cara membangun pribadi bangsa melalui pendidikan. Menurutnya mengasah kecerdasan budi adalah hal yang utama, karena dapat membangun budi pekerti dari manusia dengan baik dan kokoh, sehingga dapat mewujudkan kepribadian dan karakter. Lanjutnya, jika itu dilakukan dalam sistem pendidikan dan terinternalisasi pada diri individu, hal tersebut akan senantiasa mengalahkan nafsu dan tabiat-tabiatnya

Ki Hadjar Dewantara dalam bukunya “Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian Ke - II A: Kebudajaan” menjelaskan lebih lanjut tentang bagaimana intisari dari pendidikan. Menurutnya, pendidikan adalah usaha kebudayaan yang ditujukan untuk memberi bimbingan dalam hidup, tumbuhnya jiwa raga anak agar bawaan lahiriah setiap individu dan pengaruh lingkungannya membuat pribadi mereka menuju adab kemanusiaan. Maksudnya adalah pendidikan diperuntukan untuk membentuk manusia agar menjadi beradab dan memanusiakan manusia.

Penjelasan dari Ki Hadjar Dewantara di atas menegaskan bahwa pendidikan adalah sebuah tuntunan dalam hidup dan tumbuh kembang anak. Hal tersebut berarti bahwa hidup tumbuhnya anak terletak pada kecakapan atau kehendak dari pendidik. Setiap anak memiliki kekuatan dalam dirinya sendiri, memiliki pengalaman, dan kekayaan dalam diri setiap anaknya. Pendidik haruslah membimbing dan menguatkan apa yang di dalam diri setiap anak agar dapat memperbaiki tingkah lakunya, cara hidup, dan pertumbuhannya

Pendidikan karakter bertujuan untuk membangun dan membentuk penyempurnaan diri secara komprehensif, guna membentuk kemampuan diri individu. 


=