Notification

×

Iklan

Iklan

Kuliah Sambil Berwirausaha Lewat Program Kampus Merdeka

28 September 2021 | Selasa, September 28, 2021 WIB | Last Updated 2021-09-28T04:30:00Z

Serambiupdate.com Kabar baik untuk para mahasiswa yang ingin mencoba berwirausaha. Salah satu program yang ditawarkan oleh Kampus Merdeka yang akan membantu mahasiswa untuk mewujudkan keinginan mereka tersebut.

 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, Nizam dalam Special Dialogue Okezone.

 

Menurut Nizam, selama ini mahasiswa yang mencoba untuk berwirausaha hanya memiliki dua kemungkinan yakni gagal menyelesaikan kuliahnya atau drop out dan gagal menjalankan bisnisnya.

 

Nizam menyampaikan, “Kalau dia serius berwirausaha, susah, dia tidak akan sempat mengerjakan tugas, tidak akan sempat kuliah, tidak akan sempat mengerjakan pr dan sebagainya, DO. Tapi kalau dia gak serius berwirausaha, nyambi-nyambi kuliah, kerjakan tugas, dia jungkir balik sana sini. Usahanya pasti gagal.”

 

Dengan hadirnya Kampus Merdeka, Nizam menjelaskan mahasiswa bisa mendapatkan kedua hal tersebut tanpa perlu kehilangan salah satunya. Mahasiswa dapat meyiapkan kewirausahaan yang dia inginkan dengan bimbingan dari kampus dan dimentori langsung oleh startup-startup yang berhasil.

 

“Kalau memang ingin membuat startup, ya sudah. Dia bisa akses ke modal ventura, dia bisa berhasil menciptakan startup nya sebagai bagian dari kesarjanaannya. Dia lulus sebagai sarjana, sudah punya startup mungkin dengan 50 orang pekerja,” ujarnya.

 

Dengan begitu, perguruan tingginya juga tentu ikut bangga. Nizam menyatakan Kampus Merdeka betul-betul ini membuka kotak yang selama ini selalu sempit untuk mahasiswa.

=