Notification

×

Iklan

Iklan

Webinar Sebagai Sarana Pengetahuan di Tengah Pandemi Covid-19

Senin, 30 Agustus 2021 | 8/30/2021 06:49:00 PM WIB | Last Updated 2021-08-30T11:49:39Z



Karya Choirina Rahmawati

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Sejak awal tahun 2020 dunia di hebohkan dengan kemunculan wabah penyakit yang di sebabkan oleh sebuah virus yang bernama Covid -19. Virus yang di sinyalir awal kemunculannya dari sebuah kota di Tiongkok  yaitu Wuhan. Penyebaran virus ini sangat begitu cepat ke berbagai penjuru dunia. WHO sebagai badan kesehatan dunia menetapkan Covid-19 sebagai pandemi global. Tak terkecuali Indonesia menjadi salah satu negara yang terkena dampak penyebaran Covid-19 yang begitu cepat.  Hal ini menyebabkan pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan berupa social distancing, physical disctancing bahkan PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar) diterapkam untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Kebijakan tersebut sangat berpengaruh besar pada setiap bidang kehidupan. Tak terkecuali dalam bidang pendidikan,  banyak kegiatan-kegiatan pendidikan yang terhambat atau terhenti akibat kebijakan tersebut. Untuk itu, agar kegiatan di bidang pendidikan terus berjalan dengan memanfaatkan teknologi digital atau digitalisasi yang akhir-akhir ini penggunaanya begitu aktif dan keberadaanya sangat membantu di masa pandemi saat ini. Webinar menjadi solusi yang tepat sebagai sarana menambah wawasan keilmuan serta pengetahuan untuk para pelaku pendidikan di tengah pandemi.

Webinar adalah singkatan dari web seminar, yaitu seminar yang dilakukan melalui situs web atau aplikasi berbasis internet. Teknik seminar ini memungkinkan pembicara membagikan materi melalui media elektronik maupun internet. Webinar sama dengan seminar konvensional hanya saja semua aktivitasnya dilakukan secara online/virtual atau berbasis web. Mengikuti webinar peserta  tidak harus berada di satu ruangan untuk mendengarkan presentasi dari pembicara, sehingga peserta dapat berasal dari mana saja lintas wilayah bahkan antar negara dengan persyaratan harus terhubung dengan internet.

Mengikuti webinar memiliki banyak sekali manfaat. Pertama, hemat biaya karena banyak webinar yang diselenggarakan secara gratis. Kedua, fleksible karena bisa diikuti dimanapun. Ketiga, dapat berinteraksi dengan banyak orang tanpa harus bertemu secara tatap muka. Keempat, menambah pengetahuan dan juga wawasan. Serta masih banyak lagi manfaat yang akan didapatkan apabila mengikuti webinar.


=