Notification

×

Iklan

Iklan

Pendidikan di Masa Pandemi

Selasa, 24 Agustus 2021 | 8/24/2021 08:28:00 PM WIB | Last Updated 2021-08-24T13:28:15Z



Karya Agustina Nuraini

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Covid 19 telah merajalela di dunia terutama di Indonesia hal ini memberi dampak kepada kemajuan dan kemakmuran negara. Dari bidang ekonomi , kesehatan dan Pendidikan. Disini saya akan memberikan opini tentang Pendidikan di masa pandemi. Sebelum adanya covid 19 di Indonesia pembelajaran dilakukan secara langsung . Semua materi yang di berikan oleh guru dijelaskan secara tatap muka. Bagi siswa yang tidak memahami materi yang dijelaskan oleh guru tersebut bisan langsung di tanyakan tetapi semenjak covid 19 merajalela guru hanya sanggup memberikan materi saja tanpa penjelasan secara menditel sehingga siswa jarang yang bisa mengerti ketika di terangkan secara daring . Mahasiswa atau siswa lebih mudah mengerti ketika guru menerangkan materi secara tatap muka.

Dampak ini juga tidak hanya dirasakan oleh siswa tetapi juga di rasakan oleh orang tuanya.Mereka merasakan kesulitan untuk membantu menyelasaikan tugas sekolahnya.Karena banyak orang tua beranggapan pelajaran sekarang lebih sulit di bandingkan dulu.Selain itu banyak orang tua yang tidak mengerti tentang penggunaan teknologi jaman sekarang.Ini menyebabkan terhambatnya pelaksanaan sekolah online.

Salah satu syarat untuk melakukan sekolah online siswa di wajibkan mempunyai handphone ataupun laptop agar bisa mengikuti pembelajaran.Hal ini menyebabkan banyak orangtua yang kesulitan untuk memenuhi syarat tersebut.Banyak orang tua yang mengalami keterbatasan finansial apalagi ditambah dengan adanya pandemic ini banyak pekerja yang di PHK.Pemerintah hanya bisa memfasilitasi kuota bagi para siswa,tetapi tidak memfasilitasi handphone atau pun laptop.

Dengan hal ini banyak siswa terpaksa harus putus sekolah.Ketika anak putus sekolah maka ketika besar nanti kemungkinan akan menganggur.Hal ini akan menyebakan angka pengangguran dan kemiskinan di Indonesia semakin bertambah.Ini merupakan salah satu yang harus di hadapi pemerintah untuk di carikan solusi nya.Maka dari itu pemerintah harus mengatur strategi agar hal ini dapat terselesaikan.

Tugas kita sebagai siswa harus terus belajar dengan giat agar nanti bisa mencapai cita-cita kita di kemudian hari.Kita adalah penerus bangsa,ketika kita belajar dengan giat maka kita akan menjadi salah satu generasi penerus bangsa yang bersinar.Ini akan membuat negara kita menjadi maju.Walaupun banyak halangan untuk melaksanakan Pendidikan,tetapi kita harus tetap semangat dalam menjalankannya.Karena dengan semangat yang kita miliki semua akan lancer jika di barengi dengan doa.


=