Notification

×

Iklan

Iklan

Lemahnya Ekonomi, Melemahnya Potensi

Rabu, 25 Agustus 2021 | 8/25/2021 06:17:00 AM WIB | Last Updated 2021-08-24T23:17:24Z



Karya Reza Mustofa

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Negara maju tentunya mempunyai ekonomi yang kuat dan maju, dan dari ekonomi maju itu, negara dapat sepenuhnya mendukung program-progam yang diadakan sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat dalam membangun ekonomi menjadi lebih maju, sedangkan bagi negara dengan ekonomi lemah, sangat kesulitan untuk membuat program sebagai bentuk dukungan kepada masyarakatnya untuk memajukan ekonomi.

Dalam perkembangan ekonomi, bisa diambil contoh ekonomi negara republik Indonesia. Setiap tahunnya mengalami peningkatan, banyak peningkatan di setiap sektor, terutama sektor perindustrian sangat mengalami peningkatan, khususnya industry makanan dan umkm. Dari sektor industry ini sangat membantu ekonomi Indonesia yang sedang terpuruk dikarenakan pandemi covid-19.

Kendala yang sangat terasa sulit bagi para pelaku industry makanan dan umkm adalah sulitnya mencari modal, modal yang dibutuhkan memang tidak banyak, namun pendapatan yang dihasilkan pun tidak dapat digunakan Kembali menjadi modal, Atau disebut “RUGI”. Kurangnya minat masyarakat untung membeli produk umkm yang inovatif dan kurangnya rasa percaya pada produk lokal menjadi kendala yang harus segera diatasi oleh pemerintah.

Untuk mencapai suatu kesuksesan dalam memajukan ekonomi, diperlukan dukungan dari banyak pihak, pihak pemerintah sebagai pengatur jalannya ekonomi bangsa harus bisa mengatur dan mengendalikan ekonomi bangsa agar tetap stabil bahkan meningkat, lalu dari pihak masyarakat sebagai kunci dari ekonomi suatu bangsa, perlu menanamkan rasa cinta produk lokal dan mengurangi pembelian terhadap produk luar negeri.

Ekonomi bangsa Indonesia tentunya akan meningkat jika pihak pemerintah dan masyarakat mempunyai visi yang sama dalam memajukan ekonomi. Jika tidak maka akan banyak potensi yang tidak terpublikasikan. Padahal banyak sekali potensi potensi anak bangsa dengan kreativitasnya yang dapat mendobrak ekonomi bangsa dan bukan hal yang tidak mungkin dalam waktu dekat Indonesia akan menjadi negara maju.

Jadi kesimpulannya adalah, masyarakat perlu membantu pelaku industry makanan dan umkm dalam memajukan ekonomi bangsa, dengan membeli dan menggunakan produk lokal. Tentu value dari produk local semakin lama akan semakin meningkat, dan pemerintah juga perlu menanamkan rasa cinta terhadap produk lokal serta memberikan contoh kepada masyarakatnya agar menggunakan produk asli Indonesia. Semakin banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan produk local maka dunia akan melihat kualitas dari produk bangsa, dan akan menjadi dorongan untuk ekonomi menjadi lebih membaik.



=