Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen Fisika Uhamka Adakan Pelatihan Pembuatan Kontrol Sistem Kelistrikan Menggunakan Android dan Arduino Uno di SMA Islam Terpadu Al-Kahfi Bogor

Rabu, 11 Agustus 2021 | 8/11/2021 05:48:00 PM WIB | Last Updated 2021-08-11T11:24:26Z

 


Serambiupdate.com Dosen Pendidikan Fisika FKIP Uhamka bersama LPPM adakan pengabdian kepada masyarakat berbentuk Pelatihan Pembuatan Kontrol Sistem Kelistrikan Secara Otomatis Menggunakan Android danArduino Uno di SMA Islam Terpadu Al-Kahfi Bogor (11/08)

 

Pelatihan bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami dan mengerti bahwa Fisika bukan hanya sebatas menghitung tetapi sangat erat kaitannya dengan kemajuan teknologi dan bahkan merupakan kunci dalam perkembangan teknologi itu sendiri.

 

Pelatihan yang diikuti oleh siswa khususnya kelas 10 dan anggota ekstrakurikuler bidang elektronik diawali dengan edukasi disampaikan oleh Dr Liszulfah Roza  dan Tim.

 

Ketakutan peserta didik terhadap pembelajaran fisika ini dapat dikurangi dengan mengenalkan fisika ke peserta didik sebagai mata pembelajaran yang sangat erat kaitannya dengan kemajuan teknologi. Hal ini akan membuat para pesrta semakin mengerti bahwa fisika itu adalah ilmu yang menarik dan mempunyai aplikasi yang up to date dan dapat menyampaikan ke rekan mereka yang lainnya. Seperti istilah yang lazim kita dengar bahwa tak kenal maka tak sayang, sehingga melalui pemberian materi ini setidaknya dapat merangsang semangat mereka untuk mau belajar dan mengenal fisika lebih serius,” tutur Dr Liszulfah Roza.

 

Selain pemberian edukasi, siswa mendapat pendampingan dari Supriyatna dan Muhamad Fachri Septian selaku mahasiswa untuk menginstaln bord tersebut menggunakan software Arduino IDE dan menyambungkan hal tersebut ke telegram. Setelah proses pengkodingan selesai, peserta didampingi merakit alat kontrol lampu dengan bagian hardwarenya sehingga dapat digunakan secara langsung menjadi alat kontrol lampu yang siap untuk digunakan.


Lebih lanjut, Dr Liszulfah Roza dan Husnyn Nahry Yarza MSi berharap kegiatan ini dapat memberi pemahaman kepada siswa bahwa kemajuan teknologi pada jaman ini sangat erat dengan pemahaman dan pengembangan ilmu Fisika. Dengan mengetahui bahwa kunci perkembangan teknologi adalah fisika, para peserta didik secara tidak langsung termotivasi untuk mau belajar dengan sungguh-sungguh.

=