Notification

×

Iklan

Iklan

Sekolah di DKI Jakarta Gelar Orientasi Daring Untuk Membuka Hari Pertama PJJ

12 Juli 2021 | Senin, Juli 12, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-12T08:11:20Z


Serambiupdate.com Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyampaikan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau masa orientasi sekolah di wilayah Jakarta akan dilakukan secara daring atau online.

 

Hari ini (12/07) merupakan hari pertama masuk bagi sekolah-sekolah di wilayah DKI Jakarta dan beberapa mayoritas daerah lainnya.


Kepala Sukut Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jakarta sekaligus Panitia PPDB DKI Jakarta Slamet dikutip dari Youtube Vox Populi Institute Indonesia menyampaikan karena kondisi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, MPLS dilaksanakan secara daring, yaitu siswa berada di rumah masing-masing, kemudian guru berada di rumah masing-masing.



Slamet juga menyampaikan bagi wilayah yang masuk kategori PPKM Darurat, Kementerian Dalam Negeri menginstruksikan agar sekolah melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Berdasar dari instruksi itu, Pemerintah DKI memutuskan agar pembelajaran jarak jauh (PJJ) diterapkan mulai hari ini.

 

Kegiatan belajar bagi siswa baru di jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA/SMK akan dilakukan dengan kegiatan MPLS, di mana siswa diberikan pengetahuan mengenai pembelajaran yang akan didapat di sekolah baru. Selama pelaksanaan MPLS daring, Slamet mengatakan sekolah wajib memberi fasilitas terkait kebutuhan sarana teknologi informasi dan konten materi yang diberikan kepada siswa.

 

Sementara bagi kelas-kelas lanjutan di jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK tutur Slamet, pembelajaran langsung dimulai hari ini dengan metode PJJ. "Dalam situasi PPKM seperti ini, dinas pendidikan sudah melakukan beberapa langkah. Pertama, membuat panduan belajar dari rumah. Kedua, melatih guru baik di dalam konten penguasan teknologi informasi, maupun di dalam konten penguasaan materi pembelajaran.”

=