Notification

×

Iklan

Iklan

Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Fakultas Teknik UHAMKA Selenggarakan Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran

12 Juli 2021 | Senin, Juli 12, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-13T08:26:45Z


Serambiupdate.com
Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka HAMKA terus berupaya meningkatkan kualitas dalam berbagai bidang. Diantaranya pengabdian masyarakat yang termasuk dalam catur darma perguruan tinggi Muhammadiyah.

 

 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan melalui online virtual zoom meeting  pada 10 Juli 2021 ini mengangkat tema Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMA Muhammadiyah 5 Jakarta Menggunakan Microsoft Powerpoint dan Open Broadcast Software (OBS).

 

 

Tim Pengabdian Masyarakat ini terdiri dari Firman Noor Hasan, Arafat Febriandirza, dan Isa Faqihuddin Hanif sselaku dosen FT Uhamka. Sedangkan untuk mahasiswa yang dilibatkan yaitu Irfan Ricky Affandi, mahasiswa program studi Teknik Informatika semester 6.

 

 

Firman Noor Hasan yang merupakan ketua pelaksana sekaligus dosen Program Studi Teknik Informatika mengungkapkan “Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk Catur Dharma Perguruan Tinggi yang mana didalamnya adalah Darma Pengabdian Masyarakat. Serta sebagai bentuk empati, transformasi, dan shadaqah ilmu dari UHAMKA kepada masyarakat”.

 

 

Selain itu adapun alasan diadakannya kegiatan ini, kata Firman, para guru di SMA Muhammadiyah 5 Jakarta kesulitan mengajar secara daring. “Setelah kami melakukan riset, kendala yang kami temui di lapangan adalah umumnya para guru merasa kesulitan untuk mengajar secara daring karena banyak dari para guru yang kurang familiar menggunakan komputer/smartphone.” Tutur Firman.

 

 

“Selain itu, kebanyakan guru masih mengajar siswa dengan tatap muka menggunakan video call dengan aplikasi whatsapp atau menggunakan zoom. Para guru di sekolah ini belum mengetahui bagaimana cara membuat video pembelajaran. Maka dari itu, pelatihan ini menjadi solusi tepat untuk diberikan kepada para guru agar dapat melakukan tugasnya dengan baik selama Learn From Home.” Lanjutnya.

 

Di lain pihak, Moh.Ridwan yang merupakan Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 5 Jakarta sekaligus peserta pada pelatihan menyampaikan “Apresiasi terhadap kegiatan pengabdian masyarakat ini, karena materi yang disampaikan bersifat praktis disertai dengan praktik langsung secara virtual. Sehingga nantinya akan dapat diterapkan oleh para guru-guru didalam membuat video pembelajaran”. Ujarnya.

 

 

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 13:00 hingga 15:30 ini berjalan dengan lancar, para peserta pelatihan yang merupakan guru SMA Muhammadiyah 5 Jakarta sangat antusias mengikuti kegiatan yang tidak hanya menjelaskan teori tapi lebih kepada praktek langsung.

 

 

Dibuktikan dengan keaktifan yang terjadi saat diskusi maupun pada saat praktik langsung secara virtual. Banyak peserta yang mengajukan pertanyaan berkaitan dengan masalah yang sering dialami peserta didalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Para peserta berharap agar nanti diadakan kembali kegiatan pelatihan seperti yang saat ini dilakukan.

=