Notification

×

Iklan

Iklan

Guru Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Depok Antusias Ikuti Pelatihan Penggunaan Phonetic Method Dalam Pembelajaran Bunyi Bahasa Arab

19 Juli 2021 | Senin, Juli 19, 2021 WIB | Last Updated 2021-08-10T11:26:36Z


Serambiupdate.com
 Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka)  yang terdiri atas dosen dan mahasiswa memberikan pelatihan kepada para guru Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Kota Depok tentang Penggunaan Phonetic Method Dalam Pembelajaran Bunyi Bahasa Arab. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi nyata bagi dunia pendidkan di Indonesia.

 

Dalam kesempatan tersebut Zainul selaku ketua Tim Pengabdian Masyarakat Uhamka mengatakan pelatihan ini diadakan supaya Guru-Guru Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Kota Depok dapat bertambah kompetensi pedagogicnya dalam pembelajaran Bahasa Arab sehingga pembelajaran yang dihasilkan dapat lebih baik lagi.

 

Pelatihan dilaksanakan oleh Zainul dan Tim Pengabdian Masyarakat Uhamka pada hari Sabtu tanggal 17 Juli 2021pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB yang bertempat di Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah di Jalan H. Maksum No. 65 RT 003 RW 003 Kelurahan Sawangan Baru Kecamatan Sawangan Kota Depok.

 

Sesuai permintaan dari Bapak Rausan Fikri selaku kepala Madrasah Aliyah Darul Arqam, beliau mengatakan agar acara Program Kemitraan Masyarakat dilaksanakan secara offline saja dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan juga menjaga jarak.

 

Adapun acara pelatihannya dilaksanakan di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) milik Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah. Acara pelatihan ini diikuti oleh 20 (dua puluh) orang peserta yang berasal dari guru - guru Madrasah Tsanawiyah Darul Arqam dan guru – guru Madrasah Aliyah Darul Arqam.

 

Dalam pelaksanaannya pelatihan dipandu oleh seorang moderator yang bernama Bapak Faisal yang didampingi oleh Saudara Fajar Lazuardi dari mahasiswa FAI UHAMKA. Acarapun diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Bapak Rausan Fikri selaku kepala Madrasah Aliyah Darul Arqam dan sekaligus yang membuka acara pelatihan. Di dalam sambutannya beliau sangat senang dan bahagia dengan adanya pelatihan yang dilakukan oleh dosen FAI UHAMKA dalam hal ini Bapak Zainul Abidin dan Ibu Shobah Shofariyani.

 

“Pelatihan ini sangat bermanfaat sekali buat guru-guru yang setiap hari harus menyampaikan materi pembelajaran ke peserta didik sehingga menjadi tahu metode pembelajaran apa yang seharusnya dipilih dan tepat digunakan,” ujar Bapak Rausan Fikri selaku kepala Madrasah Aliyah Darul Arqam

 

Acaranya pun dilanjutkan dengan kegiatan inti penyampaian materi pelatihan oleh Zainul Abidin selaku ketua tim pengabdian masyarakat Uhamka.

“Perlunya guru mengetahui komponen-komponen bahasa, macam-macam metode pengajaran bunyi bahasa, strategi pembelajaran phonetic method, langkah-langkah pemakaian phonetic method dan pandangan phonetic method dalam pengajaran bunyi bahasa,” ujar Zainul dalam pemaparannya.

 

Peserta begitu antusias ikuti materi pelatihan yang disampaikan oleh Zainul, ada beberapa peserta pelatihan yang mengajukan pertanyaan seperti Ibu Eva dan Pak Rausan.

=