Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen FEB Uhamka Gelorakan Eduwisata Bagi Penguatan Ekonomi Baru Masyarakat Lombok Utara

31 Juli 2021 | Sabtu, Juli 31, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-31T13:18:19Z


Serambiupdate.com
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA menyelenggarakan Pelatihan Eduwisata Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Lombok Utara. Pelatihan ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat oleh civitas akademika FEB Uhamka, Kamis (29/07).

 

Pelatihan ini juga salah satu kegiatan yang ditujukan untuk menggali potensi wisata Lombok Utara dan sebagai penerapan Eduwisata secara virtual. Dimana Lombok Utara merupakan daerah yang memiliki banyak UMKM dan Objek Wisata. Untuk itu perlunya edukasi wisata dan branding dalam mengelola kendala dalam meningkatkan pendapatan wisata disana.

 

Zulpahmi, Dekan FEB Uhamka  dalam pengantarnya menuturkan pelatihan eduwisata ini sangat penting pada masa pandemik ini. Dimana kita bisa memunculkan ekonomi baru dalam mengelola daerah yang kita tinggali.

 

Candra Adi Susila, S.Kep.Ns selaku Ketua Pemuda Muhammadiyah Lombok Utara menuturkan Lombok Utara adalah salah satu destinasi yang menjadi tujuan wisata baik bagi turis lokal maupun mancanegara.

“Lombok Utara merupakan salah satu destinasi tujuan wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal. Meski gempa tahun 2018 sempat membuat destinasi wisata di daerah tersebut hancur, sejak tahun 2020 Lombok Utara mulai berbenah” tutur Candra.

 

Candra melanjutkan bahwa pariwisata Lombok Utara kembali menghadapi tantangan akibat dari penerapan aturan yang diterapkan pemerintah dalam penanganan pandemi sedang yang terjadi.

“PSBB berdampak pada pariwisata Lombok Utara destinasi wisata di daerah Gili misalnya dimana wisatawan yang datang ke Gili sebelumnya dapat mencapai 220.000 wisatawan pertahun sekarang. Ini kemudian berpengaruh kepada PAD Lombok Utara. Sebelumnya ditargetkan dapat mencapai 220 M, angka itu harus dirubah ke 107 M. Dan itu belum bisa dicapai secara optimal” kata Candra.

 

Pada kegiatan ini  di isi oleh Dekan I FEB UHAMKA, Sumardi, S.E,.M.Si. Pada kesempatan ini dia menyampaikan, perlunya upaya pembangunan potensi daerah, pemuda harus mampu menunjukkan perannya dan mencintai budaya lokal.

 

Dengan kemampuan pemuda dapat mengelola obyek wisata sesuai potensi lokal yang ada misalnya kampung selfi di Ciracas hasil binaan civitas akademika FEB Uhamka,  kampung warna warni di Yogyakarta dan di Malang hasil KKN mahasiswa. Kegiatan ini dapat memunculkan ekonomi baru bagi warga yang dikelola para pemuda.

“Pemuda dalam berbagai macam kegiatan sebagai penggerak utama, diharapkan mampu mengelola dan melakukan perencanaan pembangunan. Seperti menyukai wisata dan kebudayaan di daerah sendiri” ujar Sumardi dalam sesi materi.

 

Dekan III FEB Uhamka, Edi Setiawan, S.E,. M. Si pada kesempatannya menyampaikan meningkatkan jumlah wisatawan untuk berkunjung, salah satu yang harus dioptimalkan adalah branding.

“Branding sangat penting, jika segala sesuatu dipublikasi dengan baik. Maka orang akan tersentuh dan keinginan orang untuk berkunjung pada desa yang menjadi obyek wisata” Kata Edi.

=