Notification

×

Iklan

Iklan

British Council Ingin Institusi Pendidikan di Indonesia Mulai Menggunakan English as a Medium of Instruction (EMI)

10 Juli 2021 | Sabtu, Juli 10, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-18T04:39:10Z

 


Serambiupdate.com 
Beberapa tahun terakhir ini, institusi pendidikan tinggi di Indonesia mulai meningkatkan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam program akademik mereka. Peningkatan penggunaan bahasa inggris ini adalah bentuk upaya agar pelajar Indonesia dapat bersaing dalam skala global.

 

Direktur Negara British Council Indonesia, Hugh Moffat, mengatakan bahwa tujuan utama dari implementasi English as a Medium of Instruction (EMI) adalah untuk memastikan bahwa kualitas pengajaran dan pembelajaran tidak terhalang oleh penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar."

 

Walau memang EMI terlihat mengalami pertumbuhan pesat di pendidikan tinggi Indonesia, namun belum ada cukup bukti yang dapat menunjukan sejauh mana skala implementasi atau pun pengukuran tingkat keefektifitas penerapan EMI.

 

Dalam webinar yang diselenggarakan oleh British Council Indonesia pada Kamis (8/7/2021) bertajuk 'English as Medium of Instruction (EMI) Report Launch', Moffat juga menyampaikan bahwa ini adalah masalah utama yang kita semua hadapi dan cara terbaik yang bisa kita lakukan dan risiko tidak melakukannya dengan baik dapat memiliki dampak, kita tahu itu, kita bisa melihatnya.

 

Salah satu pembicara dari webinar tersebut, Colm Downes, Direktur bahasa Inggris, pendidikan, dan masyarakat di British Council Indonesia mengatakan bahwa British Council secara organisasi merasa bahwa tidak ada penelitian yang cukup untuk mereka memiliki "posisi global" saat ini.

 

Downes menyampaikan jika pengajaran bahasa Inggris dilakukan dengan buruk, itu dapat memiliki efek negatif yang serius dalam hasil belajar bagi siswa tersebut, tuturnya.

 

"Jadi kami tidak ingin mendukung kebijakan yang buruk atau implementasi yang buruk."

 

Meski begitu, Downes menegaskan bahwa yang diinginkan oleh British Council adalah mempromosikan kualitas dan hasil pembelajaran yang sukses melalui English as a Medium of Instruction (EMI).

=