Notification

×

Iklan

Iklan

Keuntungan Belajar Sendiri dan Belajar Bersama

09 Juni 2021 | Rabu, Juni 09, 2021 WIB | Last Updated 2021-06-16T03:04:17Z

 

Karya Indah Syafrina Lubis
(Mahasiswa FKIP Uhamka)

Belajar adalah upaya untuk memperoleh kecerdasan ataupun pengetahuan. Di dunia ini, ada dua tipe pembelajaran. Yang pertama adalah pelajar yang belajar secara mandiri atau belajar sendiri, dan yang kedua adalah pelajar yang belajar bersama atau bisa disebut belajar secara kelompok.


Dalam masalah ini, saya pribadi tidak terlalu berpihak secara dominan kepada kedua tipe pembelajaran tersebut karena saya bisa melakukan belajar sendiri dengan nyaman dan juga saya bisa belajar secara kelompok dengan nyaman berdasarkan kondisi yang sedang di alami. Kedua nya memiliki keuntungannya masing-masing. Berikut penjelasan saya terhadap keuntungan belajar sendiri dan belajar bersama. 


Pertama adalah belajar sendiri. Jika seseorang lebih memilih tipe belajar ini, itu tidak masalah, mungkin dia introvert dan lebih nyaman belajar sendiri. Namun, terkadang saya lebih memilih belajar sendiri jika kondisi untuk belajar bersama tidaklah memungkinkan untuk di laksanakan. Contohnya adalah jika teman saya sibuk dan tidak ada waktu untuk belajar bersama dengan saya. Keuntungan dari tipe belajar ini adalah mengenai waktu yang lebih fleksibel, kita bisa mengatur jadwal belajar sesuka hati karena kita tidak harus mengatur jadwal dengan teman kita untuk belajar bersama. Lalu keuntungan berikutnya adalah mengenai konsentrasi, kita bisa lebih konsentrasi jika belajar sendiri karena bisa saja jika belajar bersama  teman nantinya akan timbul rasa keinginan untuk bermain ketimbang belajar. 

 

Kedua adalah belajar bersama. Tipe ini sangat menyenangkan dilakukan karena belajar bersama teman akan lebih menyenangkan dan cenderung tidak monoton. Ketika belajar bersama, atmosfer pembelajaran akan lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Keuntungan berikutnya adalah kita bisa mendapat sisi pemikiran yang lain dari rekan belajar kita dan kita bisa mendapatkan pengetahauan baru dari teman kita.


Kesimpulannya, kedua tipe pembelajaran tersebut punya keuntungannya masing-masing. Ketika kita belajar sendiri, kita bisa konsentrasi penuh terhadap pembelajaran kita, dan juga jadwal belajar bisa lebih fleksibel tanpa harus perlu menyusun jadwal dengan teman. Jika belajar bersama teman, pembelajaran akan lebih menyenangkan dan kita juga bisa mendapatkan pengetahuan dan sisi pemikiran lain dari teman kita. Intinya, kita tidak bisa mendapatkan keuntungan dari belajar Bersama ketika kita belajar sendiri, begitu juga sebaliknya.

=