Notification

×

Iklan

Iklan

Ketahui lebih lanjut mengenai Pendidikan Pelayaran

27 Juni 2021 | Minggu, Juni 27, 2021 WIB | Last Updated 2021-06-30T23:54:34Z


Karya Revina Herdian

Mahasiswa FKIP Uhamka

Pendidikan Pelayaran cukup diminati oleh para pemuda – pemudi. Indonesia sendiri terdiri dari beberapa kepulauan dan karena itu minat untuk menjadi pelaut cukup tinggi di Indonesia. Cukup banyak Sekolah Pelayaran yang tersebar di Indonesia dan juga sangat berkualitas. Ada juga yang sudah berada dibawah naungan Badan Diklat Perhubungan Republik Indonesia dan juga diakui IMO.


Sebelum itu, mari kita mengenal apa saja Program Studi Pendidikan yang berada di sekolah Pelayaran ini, antara lainnya ada Program Diploma IV Nautika, Program Diploma IV Teknika, Program Diploma IV Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK). Kurang lebih lama semua program Pendidikan ini memakan waktu 8 – 14 semester.


Nautika adalah Program Studi yang nantinya setelah lulus menjadi Perwira Deck kapal. Teknika adalah Program Studi yang nantinya setelah lulus menjadi Perwira Engineer Kapal. KALK adalah Program Studi yang nantinya setelah lulus menjadi Kepala Pelabuhan, Pimpinan Perusahaan Pelayaran serta Deputi Kementrian Perhubungan. (sumber : Wikipedia)

Namun, ada yang harus dipersiapkan terlebih dahulu jika ingin masuk ke Sekolah Pelayaran antara lainnya :

Biaya                                                                                                                                                             Untuk biaya sendiri setiap Sekolah Pelayaran yang negeri atau swasta itu berbeda jadi bisa langsung di cek ke website Sekolah yang diinginkan.

FisikdanMental                                                                                                                                              Lalu, ada persiapan fisik dan mental karena nantinya ada test fisik seperti lari keliling lapangan, push up, pull up, dan lainnya. Hal yang terpenting untuk mental adalah harus kuat dan tahan karena Pendidikan pelayaran ini menganut sistem Semi Militer, sikap disiplin yang tinggi, siap setiap saat dan cepat tanggap.

TestKesehatan                                                                                                                                              Persiapan selanjutnya adalah test kesehatan, ini adalah hal utama yang penting diterima atau tidaknya calon taruna masuk Sekolah Pelayaran. untuk yang memiliki gangguan pendengaran, buta warna, dan pemakai obat = obat terlarang pasti tidak lolos seleksi. Ada juga test lainnya seperti pengecekan full badan, tensi darah, detak jantung, X-ray, pengambilan sampel darah, pemeriksaan mata, gigi, telinga.

Test Akademik

Ini adalah test awal dan mata pelajaran yang akan di uji adalah Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris.

Test Wawancara

Biasanya penguji  akan menguji kemahiran kita dalam menjawab pertanyaan – pertanyaan yang diajukan biasanya dalam Bahasa Inggris.

Berikut juga ada beberapa Sekolah Tinggi Pelayaran terbaik di Indonesia yang sudah diakui oleh IMO (nternational Maritime Organization) :

-          1. BP3IP Jakarta

Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran merupakan lembaga milik pemerintah.

-          2. STIP Jakarta

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran merupakan sekolah pelayaran negeri tertua di Indonesia. Sebagai sekolah tinggi ilmu pelayaran terbaik di Indonesia, STIP berhasil mencetak lulusan yang berkompeten.

-          3. PIP Semarang

PIP Semarang merupakan salah satu sekolah pelayaran terbaik di Indonesia dan diakui oleh IMO. Sekolah pelayanan ini langsung dikelola oleh kementerian Perhubungan Indonesia. 

-         4.  AMY Yogyakarta

MY Yogyakarta yang berdiri dengan 3 prodi ini diyakini sebagai akademi pelayaran terbaik di Indonesia. Program studi AMY yakni Ketatalaksanan Pelayaran Niaga, Nautika, dan Teknik dalam jenjang diploma.

-          5. Politeknik Pelayaran Surabaya

Banyak lulusan dari politeknik pelayaran ini yang berkecimpung dalam dunia pelayaran. BP2IP memiliki 3 prodi dalam jenjang diploma untuk mencetak tenaga ahli pemesinan, kelistrikan dan navigator kapal.

=