Notification

×

Iklan

Iklan

Peran Akuntan

21 April 2021 | Rabu, April 21, 2021 WIB | Last Updated 2021-04-22T00:06:00Z


(Farid / Mahasiswa Uhamka)

Seambiupdate.com Indonesia merupakan salah satu Negara terbesar baik dari suku, budaya, ras dan agama. dan juga Indonesia adalah Negara yang masih berpredikat sebagai Negara berkembang, bukan hanya ekonomi, teknologipun masih dikatakan berkembang dengan tahap-taham yang ditentukan. masih berbeda dengan negara-negara maju lainnya.

 

Akan tetapi dengan adanya penyakit wabah yang disebut dengan Covid-19 dampaknya pada perubahan ekonomi, pendemi berpengaruh proses penyediaan data dan informasi, disitulah negara harus bisa  mengambil keputusan yang pas dan tepat apalagi bagi para akuntan yang memang berperan penting dalam  sistem keuangan. karena akuntan dinilai punya peran penting dalam membangun transparansi dan akuntabilitas keuangan di Indonesia. profesi akuntan diakui sebagai salah satu pilar utama penguatan dalam sistem      keuangan         di Negara Indonesia, terutama dalam proses pengambilan keputusan strategis dan informasi yang yang dapat membantu banyak       perusahaan yang kenerjanya terganggu akibat Akuntan bisa pendemi Covid-19 ini.

 

Kredibel, peran seperti ini   bila   dioptimalkan           menjadi penunjuk arah bagaimana negara dan perusahaan menciptakan    nilai dalam jangka pendek, menengah,            dan      panjang. Lalu memestikan bahwa seluruh modal dan capital, termasuk mudal lingkungan, keuangan, intelektual dan sosial, dituntun atau dialokasikan secara efisien dan produktif untuk mencapai itu semua. misalkan dengan memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang, menciptakan bagaimana caranya maskipun dengan adanya situasi seperti sekarang ini bisa bekerja seperti biasanya dan bahkan harus lebih konsisten dalam semua urusan.

 

Bagi para milenial akuntan perlu nya mempunyai sikap integritas, komitmen semangat tinggi dan optimisme dalam menyikapi keadaan seperti sekarang ini, serta harus ditunjang dengan social skill, proses skill dan system skill sehingga sumbangsih akuntan muda milenial dapat terasa manfaatnya dimasa depan.

=