Notification

×

Iklan

Iklan

Inovasi Dosen Fisika FKIP UHAMKA bersama LPPM UHAMKA dalam Pelatihan Pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Air Mini bagi Siswa Pesantren

11 Juni 2020 | Kamis, Juni 11, 2020 WIB | Last Updated 2021-04-19T16:00:30Z


Serambiupdate.com
Dosen dari FKIP yaitu Pendidikan Fisika melakukan program pengabdian masyarakat bersama LPPM UHAMKA ke Pondok Pesantren Fathiatul Qur'an Educational Center (10/6/2020) sebagai sarana penunjang inovasi bagi siswa pondok pesantren untuk lebih kreatif dan inovatif di bidang ilmu pengetahuan alam / IPA.

Nyai Suminten selaku ketua dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini berkata bahwa "Berdasarkan survei terkait proses pembelajaran di kelas khususnya mata pelajaran IPA terpadu, minat belajar siswa masih termasuk pada kategori rendah. Oleh sebab itu, dipandang perlu untuk melaksanakan inovasi pembelajaran khususnya pada media pembelajaran IPA terpadu materi kelistrikan, dengan mengadakan pelatihan membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) mini untuk meningkatkan minat belajar siswa, dan siswa melek sains." begitu ujarnya.

Maka itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat santiawan dan santriwati dalam bidang sains. Kegiatan ini menggunakan metode ceramah, demonstrasi, dan pelatihan (Workshop) yang akan diikuti oleh santri santri yang ada dipesantren Fathiatul Qur'an.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan ilmu sains kepada para santri pondok pesantren dan sebagai ajang memberikan keterampilan sains sebagai sebuah bekal agar tertanam jiwa sains yang dapat dieksplor dalam diri setiap para santri yang tentunya selaras dengan kemajuan teknologi saat ini melalui praktek pembuatan PLTA Mini oleh para santri.

Kegiatan ini dilaksanakan selama seharian full dari pukul 07.00 - 17.30 pada 10 Juni 2020. Meskipun saat dalam masa pandemi Covid-19, para santri sangat antusias mengikuti kegiatan ini sampai akhir. Dengan diawali dengan tahapan pengenalan pembuatan PLTA Mini, Demonstrasi pembuatan PLTA Mini oleh tim dosen, dilanjutkan dengan pembuatan PLTA Mini oleh para santri secara berkelompol dan diakhiri dengan uji coba masing masing PLTA Mini oleh tim penilai dan pemberian penghargaan bagi kelompok yang berhasil.


Proses ini sangat bermanfaat untuk menunjang dan mengembangkan kreativitas santri pesantren dalam menghasilkan inovasi terutama dibidang sains yang biasanya jarang diminati oleh para santri pesantren. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan minat santri untuk memperdalam ilmu sains sambil memperdalam ilmu agama, sehingga tidak hanya ahli dibidang agama namun juga ahli dibidang pengetahuan sains dan kelak menjadi inovator muda bagi negeri ini. (GJF)

=