Notification

×

Iklan

Iklan

Pengalokasian DAK Pendidikan untuk Sembilan SMP di Rejang Lebong

09 Januari 2023 | Senin, Januari 09, 2023 WIB | Last Updated 2023-01-09T01:40:21Z

 


Serambiupdate.com 
- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyatakan bahwa pada tahun ini, ada sembilan SMP di daerah tersebut yang akan menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp6,2 miliar pada bidang pendidikan.

 

"Alhamdulillah, DAK pendidikan tahun 2023 untuk SMP saat ini jumlahnya bertambah sekitar Rp2 miliar dari tahun sebelumnya. DAK tersebut akan diterima oleh sembilan sekolah baik negeri maupun swasta," ujar Dedy Warsito selaku Kabid Pembinaan SMP Dinas Dikbud Rejang Lebong.

 

Ia menjelaskan bahwa DAK pada bidang pendidikan akan dialokasikan kepada sembilan SMP di Kabupaten Rejang Lebong baik untuk pembangunan fisik berupa laboratorium komputer, laboratorium IPA, ruang UKS, toilet, dan lainnya.

 

Dalam hal ini, sekolah yang akan menerima bantuan DAK pendidikan tersebut di antaranya yakni SMPIT Rabbi Radhiyya, SMPIT Khoiru Ummah, SMPN 16 Rejang Lebong, SMPN 21, SMPN 23, SMPN 24, SMPN 28, SMPN 2, dan SMPN 12 Rejang Lebong.

 

Disisi lain, sekolah penerima program bantuan DAK pendidikan tersebut mengalami penambahan dua sekolah dari data awal tujuh sekolah. Sebanyak dua sekolah tersebut yaitu SMPN 2 dan SMPN 12 Rejang Lebong.

 

Dengan demikian, besaran DAK pendidikan tingkat SMP yang diterima Kabupaten Rejang Lebong pada tahun ini bertambah cukup signifikan dibandingkan dengan tahun 2022 lalu yang hanya sebesar Rp3,5 miliar untuk dialokasikan kepada sembilan sekolah penerima.

 

Oleh karena itu, pada program DAK pendidikan tahun 2023 ini akan menggunakan prinsip ketuntasan yakni selain rehab atau pengadaan fisik bangunan, ada juga sarana pendukung seperti kursi dan meja sehingga bangunannya dapat langsung dimanfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar sehari-hari.


ADP/SAN

=