Notification

×

Iklan

Iklan

Begini Cara Merawat Baju Batik Biar Tidak Luntur

12 Januari 2023 | Kamis, Januari 12, 2023 WIB | Last Updated 2023-01-12T04:57:27Z


Sumber: https://www.freepik.com/premium-photo/painting-watercolor-fabric-make-batik-batik-is-one-indonesian-heritages_17782780.htm

Batik merupakan salah satu pakaian yang banyak digunakan, mulai dari sekolah, kantor, bahkan di berbagai acara formal. Bahkan saat ini banyak anak muda yang gemar menggunakannya, terlebih model baju batik yang semakin beragam dan menarik. Meskipun begitu, banyak yang belum mengetahui cara merawat baju batik yang tepat agar tetap awet.

Cara Merawat Baju Batik Biar Tetap Awet

Salah satu masalah yang sering terjadi pada kain batik adalah luntur akibat perawatan yang kurang baik. Meskipun berkualitas baik, namun jika tidak bisa merawatnya maka baju ini akan mudah luntur dan rusak. Tentu Anda tidak rela bukan jika batik Anda cepat rusak? Berikut beberapa cara merawat baju batik yang bisa dilakukan agar pakaian ini tahan lama.

1. Mencuci

Agar pakaian batik Anda tidak luntur saat dicuci, sebaiknya pakaian ini dicuci menggunakan tangan, bukan menggunakan mesin cuci. Hal ini disebabkan mencuci secara manual akan membuat warna dari kain batik Anda akan lebih tahan lama. Selain itu, mencuci secara manual juga dapat menjaga serat yang terdapat pada kain batik tidak mudah rapuh.

Akan tetapi, jika Anda terpaksa mencucinya menggunakan mesin cuci, maka sebaiknya gunakan siklus putaran normal pada mesin cuci. Sering menggunakan siklus putaran yang kencang dapat berpotensi merusak serat dan warna dari kain batik.

2. Hindari Menjemur Langsung di Bawah Matahari

Hindari menjemur pakaian batik langsung di bawah matahari. Sinar matahari secara langsung dapat merusak serat pakaian sehingga batik mudah luntur dan rapuh. Batik yang telah dicuci sebaiknya dijemur di area yang teduh atau cukup cahaya untuk proses pengeringannya, sehingga tidak pudar saat terkena matahari.

Meskipun cara ini membutuhkan waktu yang lebih lama, namun dapat menjaga warna batik agar tetap tahan awet.

3. Hindari Menyetrika Secara Langsung

Saat menyetrika baju batik, gosoklah bagian dalam kain tersebut. Anda tidak perlu menyetrika luarnya secara langsung karena dapat merusak motif dari kain baik. Namun, apabila ingin menyetrika bagian luarnya, sebaiknya dilapisi terlebih dahulu dengan kain katun, misalnya sarung bantal atau serbet agar setrika tidak langsung menyentuh kain batik.

Selain itu, Anda juga harus menghindari penggunaan setrika dengan temperatur terlalu tinggi. kain batik akan mudah rusak jika sering disetrika dengan temperatur yang terlalu tinggi.

4. Menyimpan dengan Cara Digantung

Pada umumnya penyimpanan pakaian dilakukan dengan cara melipat, lalu dimasukkan ke dalam lemari. Penyimpanan dengan cara digantung akan membutuhkan banyak tempat dan lemari yang lebih besar.

Akan tetapi jika Anda ingin pakaian batik tetap awet dan tidak mudah luntur, sebaiknya pakaian batik disimpan dengan cara digantung. Penyimpanan dengan cara ini dapat menghindari batik menjadi lecek karena tertumpuk pakaian lainnya.

5. Memilih Pewangi yang Tepat

Cara ini tidak kalah penting. Agar bahan kain batik tidak cepat rusak, pilihlah pewangi yang menggunakan bahan alami. Kebanyakan pewangi yang dijual memiliki banyak kimia yang dapat merusak bahan kain. Sehingga Anda perlu memperhatikan pemilihan bahan pewangi ini agar pakaian batik tetap awet.

Demikian beberapa cara merawat baju batik dengan mudah. Berbagai motif, model, serta desain pakaian batik bisa dengan mudah dibeli, baik secara langsung maupun online. Jika ingin membeli secara online bisa melalui Blibli. E-commerce ini juga menyediakan seragam batik keluarga untuk pernikahan serta berbagai batik berkualitas lainnya.

=