Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Sinergi, Nadiem Dorong UT dan BP2MI untuk Beri Bekal Pendidikan pada PMI

19 Desember 2022 | Senin, Desember 19, 2022 WIB | Last Updated 2022-12-19T02:44:00Z

 


Serambiupdate.com
- Nadiem Anwar Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) mendorong Universitas Terbuka (UT) dan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) untuk terus meningkatkan sinerginya dalam memberikan bekal pendidikan pada Pekerja Migran Indonesia (PMI).

 

"Terutama dalam memberikan jenjang pendidikan formal bagi pekerja migran Indonesia dalam menempuh pendidikan tinggi,” ujar Nadiem dalam sambutannya secara daring pada wisuda UT Pokjar Korea Selatan yang dipantau di Jakarta, Minggu.

 

Dalam hal ini, ia menyatakan bahwa hal itu sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo yakni menciptakan sumber daya manusia yang unggul. Oleh karena itu, ia meminta agar wisuda tersebut menjadi momentum pendidikan berkualitas dan belajar seumur hidup untuk menghadapi tantangan di masa depan.

 

Dalam kesempatan tersebut, ia menjelaskan bahwa PMI merupakan perwakilan Bangsa Indonesia yang telah memberikan nilai remitansi yang signifikan serta telah mencapai tujuh persen dari APBN.

 

“Mengingat besarnya peran PMI, pemerintah terus berupaya untuk memastikan para pekerja migran dapat terlindungi dan terbekali dengan keterampilan yang mumpuni,” jelas Nadiem.

 

Prof Ojat Darojat selaku Rektor UT mengatakan bahwa terdapat perjuangan luar biasa yang dilakukan oleh para wisudawan selama belajar di UT karena mereka menerapkan sistem pendidikan yang disiplin dan mandiri dalam belajar.

 

“Kami akan terus berkomitmen dan berinovasi dalam mewujudkan misi program pendidikan tinggi. Perluasan daya jangkau layanan menjadi fokus utama UT untuk melayani masyarakat baik di Indonesia maupun luar negeri,” ujar Ojat.

 

Saat ini, jumlah mahasiswa UT di luar negeri mencapai 2.603 orang dan sebanyak 173 orang mahasiswa berada di Korea Selatan. Dengan demikian, Ojat mengajak kepada seluruh mahasiswa UT Korea Selatan yang telah lulus untuk mengajak teman-teman PMI yang lainnya untuk kuliah di UT.

 

Disisi lain, sebanyak 36 PMI di Korea Selatan yang merupakan mahasiswa UT jenjang sarjana dan pascasarjana diwisuda secara hibrida, di antaranya satu orang magister manajemen, enam orang ilmu komunikasi, 21 orang manajemen, dan delapan orang dari sastra Inggris bidang minat penerjemahan.


ADP/SAN

=