Notification

×

Iklan

Iklan

Sediakan Ruang Lab Microteaching sebagai Upaya Perkembangan Pembelajaran Mahasiswa FKIP Uhamka

26 Desember 2022 | Senin, Desember 26, 2022 WIB | Last Updated 2022-12-26T03:06:48Z

 

SerambiUpdateUniversitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka) kini menyediakan fasilitas baru yaitu Laboratorium microteaching. Lab microteaching merupakan unit pelaksana teknis dibidang kependidikan yang berfungsi mengorganisir, mengkoordinasikan, dan mengembangkan penyelenggaraan program praktik keguruan dan kependidikan.

Lab microteaching terletak di gedung A lantai 3  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka, dalam ruangan tersebut terdapat beberapa ruangan diantaranya ialah meeting room, 2 podcast room, studio green room, classroom, control room, dan analysis room.

Dengan adanya lab microteaching, banyak kegiatan kegiatan positif yang berguna bagi perkembangan diri mahasiswa, mulai dari merekam pembelajaran para mahasiswa/mahasiswi FKIP Uhamka, merekam kegiatan pembelajaran dosen untuk di unggah ke social media Youtube, kemudian adanya kegiatan podcast yang dilakukan oleh para dosen untuk sosialisasi pembelajaran mereka. 

“Dengan adanya lab microteaching sungguh bagus untuk perkembangan mahasiswa/mahasiswi FKIP yang dimana mereka dapat melakukan pembelajaran yang mengikuti perkembangan zaman melalui layar TV yang dapat di sentuh lalu dengan alat perekam mereka dapat mengevaluasi praktek pembelajaran oleh mereka masing-masing”  ujar Rizky selaku mahasiswa FKIP Uhamka.

Hal tersebut sesuai dengan visi misi didirikannya lab microteaching, yakni Lab Microteaching menjadi salah satu sarana penunjang bagi FKIP Uhamkan dalam mempersiapkan calon guru professional dan unggul dibidangnya, serta menjadi laboratorium microteaching yang representative dan menjadi pengembang ilmu pengetahuan dan teknologi pembelajaran yang berbasis digital.

“Harapannya semoga lab microteaching dapat mengupgrade alat-alat mereka, lalu dapat digunakan oleh seluruh fakultas karena di lab microteaching ada ruang podcast dan greenroom yang dapat digunakan oleh seluruh mahasiswa dan dosen Uhamka” ujar Ali selaku mahasiswa FKIP Uhamka

Dengan disediakannya lab microteaching ini membawa dampak positif yang dapat dirasakan oleh mahasiswa FKIP uhamka. Dengan adanya lab tersebut kini para mahasiswa fkip uhamka dapat melakukan pembelajaran dan menuangkan ide-ide kreatifnya dengan membuat konten-konten yang menarik dengan mengikuti perkembangan  zaman melalui penggunaan teknologi-teknologi yang semakin canggih.

 

(Adelia Maleha)

 

=