Notification

×

Iklan

Iklan

UT Kendari Menuju Digital Learning Ecosystem

Jumat, 04 November 2022 | Jumat, November 04, 2022 WIB | Last Updated 2022-11-04T07:43:34Z

 


Serambiupdate.com
- Universitas Terbuka (UT) Kendari, Sulawesi Tenggara menyatakan pihak kampusnya terus melakukan peningkatan infrastruktur serta Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai bentuk komitmen dalam rangka menghadirkan ekosistem pembelajaran digital (digital learning ecosystem).

 

Dalam hal ini, Prof Ali Muktiyanto selaku Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan Umum UT Kendari mengatakan bahwa pihaknya terus mengoptimalkan pembelajaran dengan manfaatkan kemajuan teknologi dalam meningkatkan Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ).

 

"Maka dari itu, kita bisa bergerak lebih gesit lagi karena digital learning ecosystem inilah yang dapat menyatukan semua komponen guna mencapai tujuan UT yang mengarah pada cyber university,” ujarnya.

 

Meskipun demikian, ia mengatakan bahwa pihaknya akan tetap melakukan pembelajaran jarak jauh berbasis tradisional dan dibarengi juga dengan pembelajaran daring.

 

"Jadi, pembelajaran berbasis IT ini kita gencarkan, meskipun kita tidak meninggalkan pembelajaran jarak jauh berbasis tradisional seperti kita menggunakan bahan ajar tetapi kita juga akan memperkokoh layanan pendidikan online dengan menghadirkan suatu sistem digital learning ecosystem," tuturnya.

 

Selain itu, Prof Ali juga mengajak masyarakat agar tidak berhenti menempuh pendidikan yang lebih tinggi melalui Universitas Terbuka karena SDM dosen-dosennya sudah cukup berkualitas.

 

Oleh karena itu, ia mengklaim bahwa UT secara internal memiliki jaminan mutu yang tidak perlu diragukan lagi karena menggunakan standar dari Internasional Council for Distance Education (ICDE), serta dari asosiasi perguruan tinggi terbuka yakni Asian Association of Open Universities Quality Assurance Frame Work (AAOU QA Frame Work).

 

 

"Talenta-talenta SDM di masing-masing regional untuk pembelajaran kita cari tutor-tutor terbaik di daerah baik dari perguruan tinggi mitra, negeri, maupun swasta dan juga praktisi-praktisi yang terbaik di setiap daerah," tambahnya.

 

Selain itu, ia juga mengaku bahwa pihaknya menyusun Standar Pendidikan Mutu Internal (SPMI) yang menjadi standar nasional untuk seluruh layanan di UT mulai dari Sabang sampai Merauke

 

"Mulai dari Pulau Miangas dan Pulau Rote itu semua sama termasuk di Kendari ini. Itu jaminan kualitas akademik yang kita berikan," ucapnya.

 

Ia juga menambahkan bahwa Universitas Terbuka yang saat ini masuk sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) memiliki target meningkatkan partisipasi mahasiswa mencapai 1 juta mahasiswa secara nasional di tahun 2035.

 

"Saat ini, mahasiswa aktif kami sudah mencapai angka di atas 412.000 orang. Oleh karena itu, diharapkan secara gradual naik tetapi kita ingin dipercepat seiring dengan gerakan seluruh stakeholder UT baik pusat maupun daerah khususnya regional office kita hingga mencapai target 1 juta," harapnya.


ADP/SAN

×
Berita Terbaru Update