Notification

×

Iklan

Iklan

Permudah Mengenal Mahkrajul Huruf, Uhamka Pamerkan Inovasi karya Dosen dan Mahasiswa

Sabtu, 19 November 2022 | Sabtu, November 19, 2022 WIB | Last Updated 2022-11-18T23:08:00Z


Serambiupdate.com Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) turut serta memeriahkan Muktamar Muhammadiyah 'Aisyiyah ke-48 dengan mempamerkan karya-karya inovasi yang telah dibuat oleh dosen maupun mahasiswa Uhamka pada Muhammadiyah Innovation and Technology Expo (MITE), De Tjolomadoe, Surakarta, Jum'at-Senin (17-21).


Muhammad Arifin Rahmanto selaku dosen Fakultas Agama Islam (FAI Uhamka) yang menciptakan inovasi berupa alat peraga pendidikan dari FAI berupa Bola Mahkrajul Huruf yang sedang dalam proses pengajuan Paten.


"Makhrajul huruf, merupakan media pembelajaran interaktif berbentuk bola dunia memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Hal ini agar siswa aktif dalam pembelajaran. Sama halnya penggunaan puzzel pada umunya, yang membedakan adalah bola dunia ini bisa diputar selayaknya globe, dan siswa akan memasangkan dengan lubang yang sesuai dengan bentuk huruf hijaiyah. Kami akan lakukan pengembangkan bola alat ini dengan sensor sentuh akan mengeluarkan bunyi huruf hijaiyah, yang kedua kami mempersembahkan untuk anak-anak yang disabilitas agar mudah dalam belajar makhrajul huruf agama Islam. Insya Allah dengan support penuh dari Uhamka perkembangan berikutnya ada penambahan braille," tutur Arifin.


Sementara itu, dipihak lain Budi Johan Afdho selaku Ketua Pusat Studi Buya Hamka menyampaikan, Ensiklopedia Buya Hamka sudah memiliki 2 jilid. Pada jilid yang pertama telah terbit 600 halaman dengan jumlah 130 entri dari a-z dan yang kedua di tulis oleh 10 orang dosen Uhamka.


"Karya ini murni rangkuman dituangkan pada buku ini. Insya Allah akan terbit lagi ensiklopedia jilid 3. Harapan dari Ensiklopedia Buya Hamka ini terhadap warga Muhammadiyah harus bangga memiliki sosok ulama yang bernama Buya Hamka. Kalau bisa warga Muhammadiyah menjadikan Buya Hamka sebagai teladan hidup," ujar Budi.

×
Berita Terbaru Update