Notification

×

Iklan

Iklan

Kenali Sudut Pandang Barat terhadap Islam, Uhamka Launching Buku Islam The West A Light on The Horizon

Sabtu, 12 November 2022 | Sabtu, November 12, 2022 WIB | Last Updated 2022-11-13T01:06:38Z


Serambiupdate.com
 - Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) terus menerus melebarkan sayapnya agar semakin berkemajuan dalam mencerdaskan bangsa. Upaya-upaya yang Uhamka lakukan diantaranya menyelenggarakan launching buku Islam The West A Light on The Horizon yang ditulis oleh Sudibyo Markus melalui aplikasi Zoom meeting dan live streaming kanal Youtube Uhamka, Jum’at (11/11). Buku ini sebelumnya beredar dalam Bahasa Indonesia, diterbitkan oleh Gramedia dengan judul Dunia Barat dan Islam: Cahaya di Cakrawala, pada tahun 2019.

Pada kesempatan ini turut dihadiri oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Purnama Syae Purrohman selaku Kepala Unit Kerjasama Uhamka, Pahman Habibi selaku Kepala Divisi Kerjasama Dalam Negeri dan Luar Negeri Uhamka, Rosan Perkasa Roeslani (Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat), Prof Muhamad Ali (University of California Riverside), Prof William Graham (Professor in Middle East Studies Harvard University), Prof Siti Ruhaini Dzuhayatin (Senior Advisor, The Executive Office of Indonesian President), Prof James L Peacock (University of North Carolina, Promotor penerjemahan buku), Sr. Aisha Gray Henry (CEO Fons Vitae Publishing House, Louisville, US), Imam Shamsi Ali (Grand Imam Islamic Center Washington), dan peserta zoom meeting. Acara dimoderatori oleh R. Alpha AMirrachman, PhD., Sekretaris Umum Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah.


Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka dalam pembukaannya mengucapkan selamat datang dan selamat menyimak launching buku Islam and West yang diadakan via zoom meeting ini. 


“Dengan dihadiri oleh semua perguruan tinggi muhammadiyah serta Sudibyo Markus sebagai penulis buku dan James L Peacock sebagai pengalih bahasa dan Sekertaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Abdul Muti. Untuk Uhamka acara ini sangat penting pra-muhammadiyah muktamar ke-48, acara 5 tahunan Muhammadiyah yang akan diadakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta 2022 minggu depan pada tanggal 18-20 November. Semoga dengan adanya webinar ini kita dapat mengambil pandangan barat terhadap Islam,” tutur Prof Gunawan.


Sementara itu, Sudibyo Markus selaku penulis buku menyampaikan rasa syukurnya melalui pertemuan ini. Ia berkata bahwa 2 tahun lalu juga melaunching buku di Uhamka.


“Saya sangat bersyukur dengan pertemuan ini, yang kedua kalinya menyelenggarakan lauching buku saya, yang pertama 2 tahun lalu yang dilaksanakan di Uhamka juga dan sekarang kita berada pada perilisan buku yang kedua versi Inggris dari kami berterima kasih kepada Prof Gunawan sebagai rektor Uhamka telah mendatangi dan membuka acara ini, kita juga berterima kasih kepada Prof James L Peacock salah seorang yang selalu memberikan semangat, bantuan penterjemah untuk buku ini. Beliau sangat mahir dalam bidang penterjemahan. Dan juga Saudari kita Sister Grey Hendri yang sudah mempublikasikannya, tidak hanya mempublikasikan tetapi mereka memberikan bantuan yang sangat berarti memberikan peningkatan isi dari buku tersebut,” ujar Sudibyo.


Sudibyo menjelaskan secara singkat bahwa buku tersebut memiliki 3 pokok utama yang sangat kompleks. Berdasarkan pada 3 garis cerita tersebut, Konsili Vatikan dan dunia pada umumnya dan rekonsiliasi Turki memberikan gambaran bahwa membuat visi baru dan membuka mata dunia.

“Ini sangat sulit untuk saya, membicarakan cerita dibalik buku ini yang sudah 5.000 buah telah terbit untuk versi Indonesia. Dan sekarang 3.092 buah hanya untuk berbahasa Inggris. Jika kita membaca buku tersebut kita akan mendapatkan gambaran buku sebagai berikut, terdapat 3 pokok utama dalam buku ini: Berdasarkan pada 3 garis cerita tersebut, konsili vatikan dan dunia pada umumnya dan rekonsiliasi Turki memberikan gambaran bahwa membuat visi baru dan membuka mata dunia. Serta peran agama menjadi partner dalam kemanusiaan. Saya menegaskan bahwa teror di kemanusiaan tidak datang dari kelompok agama tetapi datang dari kelompok-kelompok sekuler ini,” tambah Sudibyo.


Selanjutnya, dipihak lain Prof James L Peacock (University of North Carolina, Promotor of the Book Transiation) mengatakan Buku ini mampu memberikan pandangan baru, dan semangat baru untuk membimbing kita dalam misi besar untuk kemanusiaan menyatukan beberapa penyelamatan untuk menyelamatkan kemanusiaan, dunia, jiwa kita dan sukma untuk mengikuti perintah Tuhan.


“Saya sekaligus promotor, Islam and West. Buku ini juga membahas berbagai pemahaman tentang Islam, kristian, tentara salib di dunia Barat. Analisis tentang kepercayaan dan bagian dari kepercayaan yang ada. Tujuannya tak lain dan bukan menyamakan atau menyatukan pemahaman tentang muslim, kristian dan agama lain. Yang sebelumnya berbahasa Indonesia dan sekarang telah menjadi bahasa Inggris yang akan menjadi referensi bagi dunia untuk kepentingan umat manusia yang lebih luas. Terima kasih untuk semua dan apresiasi terhadap karya ini serta usaha kami untuk meluaskan kepada dunia tentang pemahaman ini,” ucap Prof James.


Kegiatan ini sebagai wujud antusiasme Uhamka dalam menyemarakkan Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-45 dengan melakukan meluncurkan berbagai inovasi dan kreativitas melalui karya-karya yang tentunya akan bermanfaat bagi semua ummat.

×
Berita Terbaru Update