Notification

×

Iklan

Iklan

Dunia Pendidikan Harus Mampu Mentransformasi Keunggulan untuk Diterapkan di Masyarakat

Senin, 14 November 2022 | Senin, November 14, 2022 WIB | Last Updated 2022-11-14T07:41:25Z


Serambiupdate.com Wiranto selaku Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) mengatakan, dunia pendidikan sudah seharusnya mampu mentransformasi keunggulan-keunggulan yang dimiliki untuk dapat diterapkan di masyarakat. Dunia pendidikan seharusnya bisa untuk menyelesaikan segala persoalan sosial serta untuk membantu upaya pembangunan nasional.

"Dunia pendidikan, khususnya UNJ, sudah seyogyanya mampu mentransformasikan keunggulannya untuk dapat diterapkan di masyarakat, menyelesaikan segala problem sosial dan pembangunan nasional. Apalagi mengingat tahun depan, dunia diprediksi akan mengalami resesi," ujar Wiranto. Bogor, Rabu (9/11).


Wiranto yang hadir sebagai Ketua Dewan Penyantun UNJ mendapatkan kesempatan untuk melakukan orasi ilmiah bertajuk “Peran Cendekiawan Membangun Optimisme Dalam Menghadapi Masa Depan yang Semakin Sulit Diprediksi”. Dirinya hadir bersama dengan tamu undangan lainnya dalam wisuda luring pertama UNJ di Sentul International Conference Center (SICC), Bogor, Jawa Barat.


Dalam wisuda kali ini, UNJ mewisuda 2.665 lulusan yang berasal dari program D3, S1, S2, hingga S3. Setelah dua tahun menyelenggarakan wisuda secara virtual, pada semester 116 tahun akademik 2021/2022 UNJ menyelenggarakan wisuda secara luring.


Dalam pidatonya, Rektor UNJ Komarudin mengatakan kepada para wisudawan, tugas pendidikan sesungguhnya adalah membangun keteladanan dan kebijaksanaan, di samping keunggulan intelektualitas. Selanjutnya membangun kesadaran kritis untuk membebaskan diri, masyarakat, bangsa, negara, dan dunia dari ketidak berdayaan, dari segara problem pembangunan.


"Untuk itulah, seorang sarjana harus hadir dan merefleksikan ilmunya untuk kebermanfaatan orang banyak, kebermanfaatan pada bangsa dan negara," tuturnya.


Pada akhir pidato, Komarudin mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas kelulusan dan penyelesaian studi di kampus UNJ. "Semoga saudara sekalian dapat berkiprah dan berkontribusi bagi pembangunan nasional, baik di lingkungan masyarakat, bangsa, negara, bahkan dunia. Utamanya, dalam rangka mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya. 

DYL_RPH

×
Berita Terbaru Update