Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen Pendidikan Matematika UHAMKA  Laksanakan Pelatihan Desain dan Pembelajaran Berbasis Literasi bagi Guru 

Minggu, 13 November 2022 | Minggu, November 13, 2022 WIB | Last Updated 2022-11-13T09:28:19Z

 



Serambiupdate.com Tim dosen Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) laksanakan Pelatihan Desain dan Penilaian Pembelajaran berbasis Literasi dan Numerasi bagi Guru.



 Pelatihan yang diikuti oleh guru SDN Singasari 02 Jonggol Kabupaten Bogor tersebut difasilitasi untuk menerapkan konten, proses kognitif, dan konteks numerasi baik pada proses pembelajaran maupun penilaian.



Samsiah Rahmawati, S.Pd selaku narasumber dan perwakilan dari Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Jonggol menyanpaikan, "Pendidik difasilitasi agar mampu merancang desain pembelajaran dan penilaian yang mengakomodir kemampuan literasi membaca peserta didik."



"Konten literasi membaca meliputi teks informasi dan sastra yang membutuhkan proses kognitif terdiri atas menemukan, interpretasi dan integrasi, evaluasi dan refleksi informasi. Sehingga, pembelajaran yang bernuansa literasi akan mempersiapkan peserta didik menjadi literat pada setiap bidang," tutur Samsiah. 



Selanjutnya, Subhan Ajiz Awalludin selaku ketua pelatihan UHAMKA mengarahkan penguatan pada desain dan penilaian pembelajaran pada peningkatan kemampuan literasi matematika (numerasi).



"Numerasi merupakan kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia," tutur Subhan. 


Subhan memaparkan bahwa penilaian pembelajaran literasi dan numerasi terditi atas pilihan ganda, pilihan ganda komplek, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.


"Peserta pelatihan yang memiliki peranan sebagai pendidik diharapkan mampu melaksanakan pembelajaran dan penilaian bernuansa literasi dan numerasi sehingga menjadi orang yang literat dan numerat yang dapat beradaptasi dengan kondisi apapun," tambah Subhan.



 




×
Berita Terbaru Update