Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Pendidikan dan Kesehatan, Pemkab Jayawijaya melalui Bantuan PTFI

Senin, 17 Oktober 2022 | Senin, Oktober 17, 2022 WIB | Last Updated 2022-10-17T02:06:37Z


Serambiupdate.com
- Pemerintah Kabupaten Jayawijaya Provinsi Papua menggunakan dana bantuan dari PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk meningkatkan sektor pendidikan dan kesehatan di wilayah ini.

 

Dalam hal ini, Jhon Richard Banua selaku Bupati Jayawijaya di Wamena mengatakan bahwa di tahun 2022 ini pemerintah daerah setempat menerima dana Rp39,64 miliar lebih dari PTFI.

 

"Dalam APBD Perubahan kemarin ada bantuan dari PT Freeport Indonesia untuk Kabupaten Jayawijaya sebesar Rp39.641.473.516 Ini digunakan untuk pendidikan dan kesehatan," ujarnya.

 

Dana itu merupakan alokasi Tahun 2020 dan 2021 yang baru disalurkan pada tahun 2022.

 

Oleh karena itu, tahun 2020 perusahaan itu mengalokasikan Rp11 miliar lebih dan Tahun 2021 dialokasikan Rp28.595 miliar lebih khusus untuk Jayawijaya.

 

Ia mengatakan bahwa dana itu ditransfer langsung dari PTFI ke kas daerah Kabupaten Jayawijaya atau tidak melalui Pemerintah Provinsi Papua.

 

Dana itu digunakan oleh pemeritah daerah setempat berdasarkan surat keputusan (SK) bupati sebab tidak ada petumok teknis penggunaan dari Perenntan Provinsi Papua maupun pemerintah pusat.

 

"Kami sudah tanyakan di Provinsi Papua maupun ke pusat di Jakarta. Oleh karena itu, kita gunakan SK bupati untuk mengalokasikan dana itu ke pendidikan dan kesehatan,” tuturnya.

 

Maka dari itu, Jhon memastikan bukan saja Kabupaten Jayawijaya yang menerima bantuan dari PTFI sebab hampir semua kabupaten dan kota di Papua mendapatkan bantuan dari sumber yang sama.

 

Pemerintah Jayawijaya mengharapkan dengan adanya dukungan dana pada sektor pelayanan pendidikan dan kesehatan di kabupaten ini semakin baik.


ADP/SAN

×
Berita Terbaru Update