Notification

×

Iklan

Iklan

Sistem Pendidikan Finlandia Untuk Jenjang Pendidikan Usia Dini (PAUD)

Selasa, 11 Oktober 2022 | Selasa, Oktober 11, 2022 WIB | Last Updated 2022-10-11T08:34:04Z



Serambiupdate.com Berfokus pada kebahagiaan anak jadi salah satu faktor utama. Terutama, untuk jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD). Sistem Pendidikan Finlandia mulai digemari di Indonesia.

 

Sudino Lim selaku CEO Kipina Kids Indonesia mengungkapkan, banyaknya faktor yang membuat sistem pendidikan Finlandia jadi salah satu terbaik di dunia. Di antaranya, pendidikan guru yang bagus hingga kurikulum yang terstruktur dengan baik.

 

Dirinya juga mengatakan, dnegan didukung kurikulum yang dibentuk tematik pendidikan guru ini, akan sangat berpengaruh pada pendekatan terhadap siswa. Yang kemudian, bisa memfasilitasi pertumbuhan, perkembangan, dan belajar anak di sekolah. Sehingga membuat anak dapat belajar banyak hal.

 

“Mereka sangat fokus pada kebahagiaan anak dan kecintaan anak di sekolah. Itu yang diperhatikan pertama,” paparnya.

 

Sudino mencontohkan, ada kegiatan yang dapat  membuat anak-anak lebih bahagia daripada harus belajar dalam kelas seharian. Contohnya, siswa harus berjemur minimal satu jam. Selain baik bagi kesehatan, mereka juga bisa belajar dekat dengan alam.

 

Menariknya lagi, sistem pendidikan ini juga didukung sistem teknologi yang memadahi. Guru akan memberikan hasil belajar anak di sekolah setiap hari pada para orang tua. Upaya ini dilakukan agar orang tua paham perkembangan anak dan bisa menindaklanjutinya ketika di rumah. “Karena pendidikan anak tidak akan sukses tanpa kolaborasi sekolah dan orang tua,” tegas Sudino.

 

Dirinya juga menjelaskan, Bagaimana pendidikan diterima anak di level ini akan membantu anak-anak ketika berada di jenjang lebih lanjut. Bahkan, membentuk pola pikir mereka nantinya ketika dewasa. Karenanya, dukungan guru dan kurikulum yang memadahi sangat dibutuhkan. Hal ini disebabkan karena pendidikan anak usia dini sangat fundamental.  “Tentunya dengan tetap memasukkan muatan nilai-nilai lokal Indonesia ya,” ungkapnya.

 

Pihaknya pun berupaya melakukan transfer knowledge pada sejumlah guru lokal. Dibimbing oleh para pakar dari Hameen Ammattikorkeakoulu University of Applied Sciences, diharapkan guru-guru Indonesia berdaya dan memiliki kualitas standar Finlandia.

 

Pakar pendidikan dari HAMK Hame University of Applied Sciences Mari Paulina Kornohen mengamini. Menurutnya, penting bagi guru-guru PAUD untuk memperhatikan kebahagiaan anak. “Anak yang bahagia di sekolah dengan sendiri akan belajar tanpa dipaksa dan menjadi pembelajar sepanjang masa,” papar dia.

 

Sementara itu, Academic Director of Kipina Worldwide Jeannine Laubner mangatakan, kurikulum pendidikannya memiliki enam area perkembangan. Yakni literasi dan bahasa, numerasi, perkembangan fisik, perkembangan kognitif, kesadaran berbudaya, dan perkembangan karakter dan keterampilan sosial.

 

“Integrasi perkembangan karakter ke dalam sistem pendidikan ini untuk menumbuhkan pribadi anak yang menghormati, berempati dan bertanggung jawab,” urainya.

DYL_RPH

×
Berita Terbaru Update