Notification

×

Iklan

Iklan

Melalui Peningkatan Kualitas Organisasi dan Pendidikan FEB UI Bertransformasi

Jumat, 07 Oktober 2022 | Jumat, Oktober 07, 2022 WIB | Last Updated 2022-10-07T09:11:19Z

 


Serambiupdate.com 
- Teguh Dartanto selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) mengatakan bahwa FEB UI akan terus bertransformasi untuk meningkatkan kualitas organisasi dan pendidikan sehingga dapat menjadi bagian dari jejaring global (global network).

 

FEB UI kini sedang mengupayakan perolehan akreditasi dari tiga institusi bergengsi yaitu The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB), The Association of MBAs (AMBA), dan The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow a 21st Century Organisation (ABEST21).

 

“Perolehan akreditasi adalah bagian dari upaya kami untuk membangun nama baik yang diakui dan dapat dipercaya oleh pihak luar,” ungkap Teguh.

 

Ia mengatakan bahwa badan akreditasi secara resmi akan memberikan pengakuan mengenai proses bisnis di FEB UI yang sudah memenuhi standar dan akreditasi sehingga dapat membantu dalam proses perubahan secara struktural di dalam pengelolaan bisnis pendidikan.

 

“Bisnis berproses artinya pengelolaan pendidikan kami sudah memenuhi standar dan memiliki prestasi,” tambahnya.

 

Ia mengharapkan FEB UI dapat menjadi bagian dari global network sehingga para lulusan dan alumni dari berbagai negara dapat saling terhubung satu sama lainnya dalam wadah para pembakat. Di sisi lain, transformasi FEB UI membutuhkan waktu yang cukup panjang dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya karena menyangkut mutu pendidikan serta organisasi internal. Maka dari itu, seorang dosen atau tenaga pengajar wajib menyandang gelar doktor atau lulusan Strata-3 dan mempublikasikan karyanya di jurnal ilmiah nasional maupun internasional.

 

“Ini adalah tantangan. Tapi kami akan terus mendorong melalui adanya pergantian dari paradigma perguruan tinggi sebagai teaching university menjadi research university yang kemudian akan berkembang menjadi entrepreneur university,” tegasnya.

 

Sebagai research university yang akan menjadi entrepreneur university, seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) akan bergerak bersama-sama untuk mewujudkan perubahan tanpa melepaskan warisan yang ada.

 

Oleh karena itu, FEB UI selama ini dikenal sebagai institusi pemasok pakar di bidang ekonomi baik di pemerintahan maupun sektor swasta.

 

“Transformasi merupakan upaya kami untuk menjadikan sekolah bisnis ini berdampak positif bagi industri, pengembangan kebijakan, maupun penyelesaian permasalah sosial,” tutupnya.


ADP/SAN

×
Berita Terbaru Update