Notification

×

Iklan

Iklan

Pospek Kerja Lulusan Akuntansi yang Menjanjikan

Selasa, 09 Agustus 2022 | Selasa, Agustus 09, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-09T02:34:00Z

  



 

Oleh : Iis Karlina

Mahasiswa FEB Uhamka

 

Apakah kamu tau akuntansi itu apa?

Kita sudah tidak asing bukan saat mendengar istilah ini, pasti kita tau jika akuntansi merupakan hitungan tentang keuangan yang sering kita hadapi di kehidupan sehari-hari. Akuntansi merupakan proses pencatatan transaksi keuangan dalam sebuah bisnis untuk memberikan informasi laporan keuangan kepada pihak terkait. Akuntansi merupakan aspek terpenting dalam manajemen keuangan suatu bisnis. Akuntansi  merupakan nafas bagi perusahaan, karena dengan laporan keuangan suatu pealam menjalankan suatu bisnis sangat memerlukan laporan keuangan. Perusahaan bisa mengetahui berapa uang yang di dapatkan, uang yang dikeluarkan, keuntungan, dan kerugiaan suatu perusahaan untuk mengambil sebuah keputusan.

Pada masa kini orang-orang sudah semakin berkembang dalam dunia bisnis. Banyak para pelaku bisnis tersebut yang mendirikan perusahaan-perusahaan. Dan pastinya suatu perusahaan membutuhkan karyawan atau para pekerja untuk menjalankan sebuah perusahaan. Untuk melakukan pencatatan laporan keuangan sebuah perusahaan bukan sembarang orang yang dapat melakukannya. Hanya mereka saja yang dapat mengerjakannya, yaitu seorang lulusan akuntansi yang dimana ia telah mengambil jurusan akuntansi di perguruan tinggi ataupun sekolah khusus jurusan akuntansi.

Untuk lulusan akuntansi sendiri banyak peluang untuk mendapatkan pekerjaan, yaitu :

1.      Auditor

Menjadi auditor, pastinya akan bertugas dalam memastikan dan melaporkan bisnis dari suatu perusahaan maupun suatu instansi. Auditor akuntansi dipercayakan dengan tanggung jawab untuk meninjau catatan keuangan dan memastikannya agar akurat.

 

2.      Financial Analyst

Analis keuangan bertanggung jawab dalam riset data untuk identifikasi peluang dan melakukan evaluasi untuk rekomendasi investasi maupun keputusan bisnis.

Secara umum, financial analyst bertugas dalam melakukan pemeriksaan data keuangan dan menggunakan temuan tersebut untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis.

 

3.      Accounting Manager

Manajer akuntansi akan bertugas dalam mengawasi akuntan junior, akuntan, dan asisten lain di departemen.

Bidang ini juga menyiapkan laporan keuangan, mengelola berkas akun, memprediksi kebutuhan keuangan perusahaan, memastikan organisasi mengikuti persyaratan hukum dan peraturan, serta menyiapkan dokumentasi untuk kebutuhan perpajakan

 

4.      Tax Accountant

Tidak seperti akuntan biasa yang cenderung mengurusi laporan keuangan dan posisi klien secara menyeluruh, tax accountant hanya berfokus pada pajak klien.Tax accountant memastikan klien mematuhi semua undang-undang perpajakan dan mencegah dari dikenakannya denda dari pemerintah.

Seorang tax accountant akan menawarkan nasihat perencanaan pajak kepada klien dan membantu mereka dalam menghemat uang selama masa pajak.

 

5.      Dosen

Menjadi seorang pengajar di perguruan tinggi merupakan suatu dambaan.

Jika kamu bercita-cita menjadi seorang dosen setelah lulus nanti tentu bisa.akan tetapi, untuk menjadi seorang dosen kamu harus mempunyai persyaratan seperti sudah menyelesaikan Pendidikan S2 bahkan S3.

 

 

Untuk kamu yang sekarang sedang mengambil jurusan akuntansi di perguruan tinggi, maka jangan khawatir untuk tidak mendapatkan pekerjaan. Karena lulusan akuntansi mempunyai pospek yang luas untuk berkarir.

 

 

 

×
Berita Terbaru Update