Notification

×

Iklan

Iklan

Peran Akuntansi Dalam Kehidupan Kita

Senin, 01 Agustus 2022 | Senin, Agustus 01, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-01T02:22:00Z

 


 


Oleh : Fahra Nafisa Azam
Mahasiswa FEB Uhamka

 

Seiring perkembangan zaman yang semakin pesat, ilmu akuntansi tidak hanya digunakan sebagai sumber informasi utama didalam suatu perusahaan saja.Ilmu akuntansi juga dibutuhkan dalam kehidupan rumah tangga. Akuntansi sangat berguna bagi kehidupan manusia. Penerapan akuntansi untuk kegiatan sehari-hari sangat diperlukan bagi banyak orang. Misalnya mencatat segala keperluan yang dimaksudkan untuk tujuan mengendalikan keuangan yang ada.

Manfaat dengan adanya akuntansi dalam kehidupan sehari-hari kita dapat mengetahui apa saja penerimaan dan pengeluaran dari uang kita . Serta dapat juga mengawasi, mengontrol,, merencanakan keuangan kita. Dengan menerapkan kegiatan akuntansi ini setiap harinya maka akan sangat membantu mengendalikan keuangan kita. Dengan adanya pencatatan tersebut maka seseorang dalam mempertimbangkan keputusan yang diambil apakah termasuk keputusan tepat atau tidak.

Ada empat aspek praktik akuntansi dalam kehidupan rumah tangga yaitu penganggaran , pencatatan , pengambilan keputusan , dan perencanaan jangka panjang. Keempat aspek tersebut merupakan hal yang harus dilakukan dalam mengelola keungan dalam kehidupan rumah tangga, agar terciptanya rasa saling terbuka mengenai masalah keuangan, tidak menjadikan perselisihan dalam keluarga, dan meningkatkan rasa tanggung jawab dalam mengelola keuangan keluarga.

×
Berita Terbaru Update