Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa PBJ Uhamka Berpartisipasi Ikuti Program International Online Course

Rabu, 03 Agustus 2022 | Rabu, Agustus 03, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-06T06:19:31Z


serambiupdate.com
 Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) telah melakukan MoU dengan Universitas Tottori untuk  Student Exchange dan Research Collaboration.


Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA yaitu, Ulfa Lutfi Nauriyah pada tahun 2015-2016 dan Destia Nurul Faizah pada tahun 2018-2019 mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Student Exchange selama satu tahun di Jepang. Universitas Tottori kembali menyelenggarakan International Online Course Program untuk yang kedua kalinya.


Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Uhamka berpartisipasi mengikuti program International Online Course ini. Tottori International Online Course Program merupakan kegiatan belajar Bahasa Jepang Internasional berbasis online yang diselenggarakan oleh Universitas Tottori dan diikuti oleh berbagai negara. Kegiatan ini merupakan implementasi  kerja sama Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Uhamka dengan Universitas Tottori yang biasa diselenggarakan setiap tahunnya selama musim panas. 


Tasya Agustina Sofyan dan Inayah Maulidah merupakan mahasiswi semester VI  Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Uhamka yang berhasil mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan International Online Course Program yang diselenggarakan oleh Universitas Tottori. Kegiatan ini diikuti dari berbagai macam negara di antaranya, Indonesia, Kanada, Cina, Meksiko, Korea Selatan, dan Taiwan. 


Selama kegiatan ini berlangsung berbagai macam topik menarik yang dipelajari setiap harinya diantaranya, mengenai sistem pendidikan disetiap negara, kesetaraan gender, pengelolaan sampah, virus corona, menciptakan ide teknologi di masa depan dan lain-lain. 


Tasya Agustina Sofyan selaku peserta yang mengikuti kegiatan International Online Course Program mengatakan bahwa topik pembahasan yang diangkat sangat menarik, yaitu mengenai Pengelolaan Sampah.


“Dalam mengikuti program ini sangat bermanfaat sekali, selain menambah wawasan juga dapat meningkatkan berkomunikasi dalam Bahasa Jepang. Salah satu topik pembahasan yang menarik bagi saya yaitu tentang Pengelolaan Sampah, banyak sekali perbedaan terkait pengelolaan sampah disetiap negaranya. Sehingga informasi terkait pengelolaan sampah yang saya dapat dari setiap negaranya dapat saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.


Inayah Maulidah selaku peserta yang mengikuti kegiatan International Online Course Program mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan dampak yang positif sebab untuk menjadi calon pendidik Bahasa Jepang perlu mempelajari budayanya.


“Kegiatan ini sangat memberikan banyak pengaruh positif bagi saya. Sebagai calon pendidik bahasa Jepang, selain belajar bahasa Jepang tentu mempelajari budayanya sangat penting. Salah satu topik yang sangat saya suka yaitu sistem pendidikan. Kami belajar mengenai sistem pendidikan di Jepang berupa wajib belajar di Jepang, kurikulum yang dipelajari, estrakulikuler, budayanya, dan lain-lain. Selain itu, kami juga berdiskusi mengenai sistem pendidikan masing-masing di negara kita. Topik pembelajaran ini sangat menarik karena saya dapat melihat hal unik sistem pendidikan di setiap negara, dan dapat mengambil hal baiknya untuk sistem pendidikan di Indonesia lebih baik.” katanya.


Terakhir, pihak Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Uhamka berpesan bahwa pengalaman yang didapat ini berguna bagi peserta, senpaitachi dan kouhaitachi dalam sharing session nantinya serta tidak pernah puas untuk meningkatkan kualitas diri karena setiap orang pasti memiliki kesempatan. Hal itu semua tergantung dari diri apakah siap untuk mengambil kesempatan itu atau tidak seperti kata pepatah, apa yang ditanam itu yang dituai.

×
Berita Terbaru Update