Notification

×

Iklan

Iklan

Laporan Keuangan Membantu Merencanakan Pertumbuhan dalam Perusahaan

Rabu, 24 Agustus 2022 | Rabu, Agustus 24, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-24T02:50:00Z

  



 

Oleh : Adinda Rahmah

Mahasiswa FEB Uhamka

 

Dalam merencanakan pertumbuhan, akuntansi sangat penting untuk menentukan tujuannya di dalam sebuah perusahaan besar atau kecil. Seperti bagaimana seharusnya keuntungan dibuat untuk satu tahun dari sekarang? Atau bagaimana dalam tiga tahun? Sehingga laporan keuangan sangat membantu dalam menilai dengan tepat seberapa cepat sebuah bisnis berkembang. Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan dimana suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut dalam merencanakan pertumbuhan. Laporan ini dibuat dalam periode tertentu, contohnya setiap bulan atau setiap satu tahun tergantung kebijakan oleh perusahaan masing-masing.

Menurut saya, Laporan keungan adalah hal bagian yang paling penting dalam menjalankan suatu bisnis karena dengan laporan keuangan kita dapat mengetahui hasil-hasil kinerja yang telah dicapai oleh perusahaan dan dapat membantu merecanakan pertumbuhan ekonomi secara finansial. Pada setiap perusahaan di bagian keuangan memegang peranan penting dalam menentukan arah perencanaan perusahaan,oleh karena itu bagian keuangan harus berfungsi secara baik, sehingga pihak-pihak yang membutuhkan akan dapat memperoleh laporan keuangan tersebut dan membantunya dalam proses pengambilan keputusan sesuai yang diharapkan. Dalam analisis informasi keuangan, setiap aktivitas bisnis harus di analisis secara mendalam baik oleh manajemen maupun oleh pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan yang bersangkutan. Laporan keuangan pada umumnya terdiri dari: Neraca, laporan Laba rugi,Laporan perubahan modal, Laporan arus kas dan Catatan atas laporan keuangan.

Berikut ini adalah tujuan dari Laporan keuangan yaitu:

·         Screening (sarana informasi), berguna untuk berdasarkan laporan keuangan agar mengetahui situasi serta kondisi perusahaan.

·         Understanding (pemahaman), dengan cara memahami perusahaan, kondisi keuangan dan bidang usahanya dapat mengetahui hasil dari usaha tersebut.

·         Evaluation (evaluasi), digunakan untuk menilai serta mengevaluasi kinerja perusahaan dalam meningkatkan tujuan perusahaan secara efisien.

Dengan demikian di dalam suatu perusahaan jika ingin berjalan dengan lancar, Maka kita harus mengetahui bagian sisi laporan keuangan akuntansi agar dapat mengontrol sebuah perusahaan dalam berbisnis. Serta laporan keuangan sangat diperlukan untuk mengukur hasil usaha dan perkembangan perusahaan dari waktu ke waktu dan untuk mengetahui sudah sejauh mana perusahaan mencapai tujuannya. Dapat dipahami bahwa dengan adanya laporan keuangan yang disediakan dapat membantu pihak perusahaan dalam merencanakan pertumbuhan tersebut.

 

 

 

 

 

 

  

×
Berita Terbaru Update