Notification

×

Iklan

Iklan

Implementasi Akuntansi

Kamis, 18 Agustus 2022 | Kamis, Agustus 18, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-18T02:02:00Z

  


Oleh : Risda Yanti

Mahasiswa FEB Uhamka

 

            Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengelompokkan, mengolah, serta menyajikan data transaksi keuangan. Akuntansi memiliki fungsi, yaitu sebagai pengontrol atau pengendali, media evaluasi, perencanaan, serta informasi pengambilan sebuah keputusan dalam keuangan.

            Akuntansi tidak hanya dapat diterapkan dalam perusahaan, tetapi juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adaapun ilmu akuntansi yang biasa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu penganggaran, pencatatan, pengambilan keputusan, dan perencanaan keuangan jangka panjang. Kita perlu menerapkan ilmu-ilmu tersebut agar kita bisa mengalokasikan pendapatan untuk keperluan yang bermanfaat.

            Sering kali kita mengabaikan cara pengelolaan pendapatan yang berakibat kehancuran keuangan. Oleh karena itu, diperlukan penganggaran untuk memprediksi kemampuan pendapatan yang diperoleh dalam memenuhi kebutuhan. Lalu, melakukan pencatatan terhadap pendapatan dan pengeluaran yang telah dilakukan agar mengetahui arus keuangan secara detail. Selanjutnya, mengambil keputusan, pengambilan keputusan sangat penting dalam mengelola keuangan, misalnya ketika ada suatu kebutuhan yang belum terpenuhi dan dihadapkan pilihan dengan menunggu sampai memiliki uang untuk memenuhi kebutuhannya, melakukan pinjaman pada pihak lain, atau melupakan kebutuhan tersebut. Yang terakhir, perencanaan jangka panjang, di mana dari awal sudah menargetkan tujuan tertentu agar bisa dirasakan manfaatnya kelak, contohnya melakukan investasi.

            Maka dari itu, perlu mempelajari ilmu akuntansi agar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan melakukan pengelolaan keuangan dengan baik sehingga mencapai tujuan keuangan tertentu. Pada dasarnya penerapan ilmu akuntansi dalam kehidupan sehari-hari bertujuan untuk mencegah kehancuran dalam pengelolaan keuangan.

×
Berita Terbaru Update