Notification

×

Iklan

Iklan

Ajarkan Teori Humanistik, Tim Dosen PGSD FKIP Uhamka Selenggarakan Workshop

Senin, 08 Agustus 2022 | Senin, Agustus 08, 2022 WIB | Last Updated 2022-08-08T01:48:59Z


Serambiupdate.com
- Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan sebuah kegiatan yang berjudul Workshop Implementasi Teori Belajar Humanistik berbasis Professional Learning Community Di Lingkungan Sekolah Dasar Muhammadiyah Jakarta, Rabu-Jum'at (27-29/7).


Pada kegiatan ini tim PKM Uhamka bermitra dengan Majelis Dikdas Muhammadiyah Jakarta dengan melibatkan stakeholders yang terdiri dari beberapa guru sekolah dasar dan Kepala Sekolah Muhammadiyah DKI Jakarta.


Aslam selaku Ketua Tim PKM yang juga merupakan dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka menyatakan bahwa selama ini workshop yang sering dilakukan di lingkungan Sekolah Dasar Muhammadiyah Jakarta pada umumnya hanya melibatkan guru-guru secara individu tanpa berbasis learning community. Sehingga dalam kegiatan PKM ini dilakukan workshop dan pendampingan berupa implementasi teori humanistik dengan membangun learning community antara sesama guru didampingi oleh Kepala Sekolah nya masing-masing. 


Puri Pramudiani selaku dosen PGSD FKIP Uhamka sekaligus narasumber mengatakan, sebagai seorang pendidik pentingnya menguasai teori belajar yang diantaranya adalah humanistik yang mengkaji bagaimana proses memanusiakan manusia.


"Dalam hal ini mempunyai makna bagaimana seorang pendidik dapat memanusiakan atau dapat lebih memahami karakteristik peserta didik dan bagaimana harapan pendidik tersebut dalam berinteraksi dengan lingkungannya," tutur Puri.


Sementara itu, Aslam selaku ketua tim menyatakan bahwa dibangunnya komunitas pembelajar atau learning community diharapkan dapat menjadi supporting system dalam mengimplementasikan pembelajaran.


"Saya berharap melalui workshop ini para guru dapat membangun sinergi dengan sesama rekan sejawat dan juga kepala sekolah sebagai atasan langsung," ujar Aslam.



×
Berita Terbaru Update