Notification

×

Iklan

Iklan

Tips Membangun Konsistensi Dalam Belajar

Selasa, 05 Juli 2022 | Selasa, Juli 05, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-05T02:55:00Z

 




 Oleh : Sucitra Rahmatika

Mahasiswa FEB Uhamka


Pernah atau tidak kalian malas untuk belajar? Pengennya rebahan sambil main game atau nonton film dan akhirnya jadi tidak produktif, padahal sebelumnya kalian sudah menyusun jadwal belajar akibatnya jadwal belajar jadi berantakan keteteran untuk ngejar materinya. Nah kalau sudah seperti itu yang kita butuhkan adalah konsistensi dalam belajar. 

Konsisten dalam belajar itu penting agar bisa mencapai target belajar dengan mudah. Hal ini karena  konsisten dalam belajar bisa membawa pada kemajuan. Dengan menjadi konsisten kita bisa melacak perkembangan dalam memahami materi dan mengajarkan kita untuk lebih disiplin. 

Ada 6 cara yang bisa kita lakukan untuk menjadi konsisten dalam belajar. Cara pertama adalah dengan mengubah cara pandang terhadap belajar. Jangan memandang belajar sebagai suatu pekerjaan yang berat atau sesuatu yang membosankan, cobalah untuk memandang belajar sebagai kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat untuk masa depan kita di kemudian hari. 

Kedua tumbuhkan motivasi intrinsik dalam diri. Menurut psikolog Prof. Dr. Singgih D. Gunarsa “motivasi intrinsik merupakan sebuah dorongan kuat yang berasal dari dalam diri kita sendiri, semakin kuat motivasi intrinsik yang kita miliki semakin besar usaha yang akan kita punya untuk mencapai tujuan”. Motivasi intrinsik yang dimiliki dalam hal belajar misalnya kita ingin lulus kuliah dengan IPK diatas 3,5. Dengan memiliki keinginan itu kita akan menjadi lebih semangat dan rajin belajar supaya keinginan kita bisa terpenuhi. Disaat mulai malas belajar kita bisa mengingat kembali apa motivasi kita untuk belajar agar mengembalikan semangat belajar lagi. 

Ketiga jangan pernah berpikir untuk menunda belajar, karena jika sekali kita menunda lama-lama akan ketagihan untuk terus menunda belajar. Godaan untuk menunda belajar biasanya datang karena adanya gangguan seperti media social, games, dan juga internet. 

Keempat jadikan belajar sebagai rutinitas sehari-hari. Salah satu cara efektif supaya bisa konsisten belajar adalah dengan menjadikan belajar sebagai suatu kebiasaan. Sempatkan diri setiap harinya untuk belajar jangan sampai bolong seharipun. Lebih baik belajar selama 10 menit setiap hari dalam seminggu daripada belajar lama-lama sampai dua jam dalam sehari tetapi cuma dua hari dalam seminggu. Belajar setiap hari walaupun dalam waktu sebentar akan lebih menguatkan otak untuk membentuk kebiasaan baru. 

Kelima gunakan teknik POMODORO supaya tidak mudah lelah saat belajar. Teknik pomodoro adalah teknik belajar berdasarkan time management. Teknik pomodoro membagi waktu belajar menjadi beberapa interval, biasanya setiap interval berlangsung selama 25 menit dan dipisahkan dengan jeda istirahat singkat sekitar lima menit. Teknik pomodoro ini biasanya melatih fokus kita dalam belajar. Dengan menggunakan teknik ini kita tidak akan mudah merasa lelah dan bosan saat kamu lagi belajar. 

Yang terakhir ciptakan suasana belajar yang nyaman dan tenang. Leo Babauta dalam bukunya berjudul Zenhabits Meraih Kesederhanaan Kebahagiaan dan Produktivitas dalam Hidup mengatakan bahwa “kerapian dan kebersihan akan memberikan ketenangan”. 

Nah itu dia tips supaya bisa lebih konsisten dalam belajar, jangan sia-siakan waktu belajarmu dan jadikan belajar sebagai rutinitasmu ya!!


×
Berita Terbaru Update