Notification

×

Iklan

Iklan

Tim Dosen Pendidikan Biologi FKIP Uhamka Laksanakan Pelatihan Inovasi Fashion

Selasa, 19 Juli 2022 | Selasa, Juli 19, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-19T10:09:52Z


Serambiupdate.com
Tim dosen Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu dan Keguruan Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) bersama Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka menggelar pelatihan membuat hijab berbasiskan ecoprint pada Sabtu dan Minggu (2-3/7).


Tim pengabdian masyarakat ini diketuai oleh Irdalisa selaku dosen Biologi FKIP dan beranggotakan Husnin Nahry Yarza dan Rosi Feirina Ritonga. Pengabdian masyarakat ini dibantu oleh Adinda Yanra selaku fasilitator. Pengabdian masyarakat ini berlangsung di Kelurahan Cileungsi, Kecamatan Klapa Nunggal.


Irdalisa selaku dosen Biologi menuturkan bahwa kerajinan ecoprint ini sangat mudah dibuat dan dapat dilatih kepada seluruh ibu-ibu PKK.


“Teknik ecoprint merupakan Teknik membatik pada pakaian, hijab dengan menggunakan media alami yaitu daun tanaman. Teknik ecoprint dibagi menjadi 2 yaitu dengan cara megukus dan dengan cara mengetok menggunakan palu. Daun tanaman sangat mudah didapatkan di sekitar kita,” tutur Irdalisa.


Sementara itu, Husnin Nahry Yarza selaku narasumber ke2 membahas daun-daun tanaman obat (Tanaman Obat Keluarga) yang sangat mudah kita jumpai dan ada di pekarangan rumah kita.


“Beragam tanaman obat yang dapat kita gunakan untuk Kesehatan dan untuk menjaga Kesehatan tubuh selama pandemi. Selain itu manfaat tanaman obat ini adalah untuk sebagai motif batik dalam pembuatan hijab berbasis ecoprint pada pelatihan ini. Dengan adanya pelatihan ecoprint pada daun tanaman sekitar memunculkan kreativitas dan inovasi sehingga dapat dihasilkan hijab handmade yang berseni tinggi dan memiliki daya jual,” ujar Husnin.


Selain itu, Rosi Feirina Ritonga menuturkan bahwa dari pengabdian masyarakat ini dapat dimiliki keterampilan yang membuat Ibu-Ibu berwirausaha dengan membuat pakaian, hijab ataupun kaus untuk membantu ekonomi keluarga.


“Ibu-ibu PKK merupakan komunitas Ibu-ibu yang terdiri dari berbagai individu dan banyak yang menjadi ibu rumah tangga, dengan adanya pelatihan ini dapat membuat ibu-ibu PKK Cileungsi lebih kreatif, terampil dan inovatif dalam menghasilkan sebuah hijab dengan teknik ecoprint. Salah seorang peserta menuturkan bahwa sangat senang dengan adanya pelatihan pembuatan hijab ecoprint ini karena dapat memberikan sebuah keterampilan baru sehingga memberikan tambahan seni yang sangat menarik,” jelas Rosi.
×
Berita Terbaru Update