Notification

×

Iklan

Iklan

SMAN 1 Gerung Bentuk Karakter Positif Peserta Didik Ketika MPLS

Jumat, 29 Juli 2022 | Jumat, Juli 29, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-29T02:15:05Z


Serambiupdate.com
SMAN 1 Gerung melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru Kelas X. Kegiatan MPLS ini disyaratkan jauh dari perpeloncoan.


Tujuan kegiatan ini diadakan ialah untuk mengenali potensi peserta didik baru serta membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya.


Lalu menumbuhkan motivasi dan semangat, serta cara belajar efektif, mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah, serta menumbuhkan karakter positif.


Lalu M. Dul Rifai, S.Sos., Ketua Komite Sekolah, mewakili orang tua, menyerahkan para peserta didik baru kepada pihak sekolah dan diterima oleh Ismail, M.Pd. selaku Kepala SMAN 1 Gerung serta peserta didik baru yang diwakili oleh dua peserta didik baru dalam penyematan tanda peserta MPLS.


Kepala sekolah bertindak sebagai pembina sekaligus menyambut para peserta didik baru.


“Keberuntungan sebagai peserta didik di SMAN 1 Gerung patut disyukuri dengan menunjukkan prestasi yang kalian nukilkan nantinya,” tuturnya.


Ia menambahkan selain mengenalkan lingkungan sekolah, kegiatan MPLS juga membuat peserta didik baru mempunyai teman baru dan guru baru di lingkungan sekolah.


Dalam mewujudkan pendidikan karakter keagamaan, peserta didik diarahkan guna melakukan Salat Dhuha bersama dan ceramah keagamaan. Hal tersebut bagian yang wajib dilaksanakan di SMAN 1 Gerung.


“Pemberian materi ini sebagai pembinaan mental yang paling utama dalam karakter religi,” imbuhnya.


Pendidikan karakter yang butuh dimiliki siswa, yakni religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, senang membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, serta bertanggung jawab.


“Kami berharap kegiatan MPLS ini melahirkan generasi bangsa dari SMAN 1 Gerung yang mampu bersaing serta meraih prestasi baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional,” kata Ahmad Yani, S.Pd. selaku Wakasek Kesiswaan.


MPLS di SMAN 1 Gerung pun diisi dengan kegiatan pembinaan karakter disiplin lewat kegiatan baris berbaris oleh TNI/Polri terhadap para siswa baru.  Baris berbaris diadakan secara keseluruhan baik siswa laki-laki maupun perempuan. Tujuannya penanaman karakter baik di diri siswa dapat terselenggara.  Kegiatan ini diadakan di lapangan Basket Smanger dengan para pelatih dari TNI dan Polri.


Sebelum mengikuti baris-berbaris peserta didik perlu datang ke sekolah agar presensi di lapangan. Perbekalan pribadi disiapkan, menggunakan kaos olahraga dan bertopi serta tidak datang terlambat.


(ADP)

×
Berita Terbaru Update