Notification

×

Iklan

Iklan

Sekolah Jurnalistik Jayabaya Institute Resmi Dibuka AJI Kediri

Sabtu, 16 Juli 2022 | Sabtu, Juli 16, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-16T00:45:40Z


Serambiupdate.com
Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kediri, Jawa Timur, telah meresmikan lembaga pelatihan atau sekolah jurnalistik Jayabaya Institute di Kampus Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri.


Rangkaian kegiatan ini berupa penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara AJI Kediri dengan FKIP UNP Kediri beserta UNP Kediri yang setuju untuk berkolaborasi di bidang riset, pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, serta penerbitan.


Dalam kegiatan ini pun dilaksanakan focus group discussion (FGD) yang mengusung tema Penguatan Jurnalisme Komunitas di Era Digital. Diskusi ini membahas mengenai akar masalah pelaporan, belenggu UU ITE, dan kebebasan berekspresi.


Danu Sukendro selaku Ketua AJI Kediri mengatakan bahwa lembaga pelatihan ini menjawab tantangan era digital yang menuntut karakter profesional serta kompeten menjadi pengelola media digital dan media sosial yang indenpenden, dan mengasah skill berkarier secara profesional di bidang digital.


"Launching sekolah jurnalistik ini merupakan program kerja pengurus AJI Kediri periode 2021-2024 untuk menjawab tantangan peningkatan kompetensi jurnalis warga di era perkembangan zaman," ujar Danu di Kediri.


Fadly Rahmawan selaku Ketua Tim Penyusun menuturkan bahwa Jayabaya Institute merupakan lembaga pelatihan jurnalistik, media dan komunikasi AJI Kediri. Lembaga ini diciptakan lantaran adanya hambatan dalam membuat konten profesional berupa konten tulisan, foto video, dan grafis.


"Jayabaya Institute adalah lembaga pelatihan serta tempat belajar bersama bagi jurnalis, konten creator dan calon konten creator guna mengasah skill  untuk mampu berkarier secara profesional di industri digital," katanya.


Di Jayabaya Institute  ada berbagai program misalnya serial pelatihan jurnalistik, pelatihan audio visual, pelatihan fotografi, serta pelatihan desain grafis.


Zainal Afandi Rektor UNP Kediri mengucapkan apresiasi atas peluncuran Jayabaya Institute. Lembaga ini diharap bisa membagikan alternatif tempat belajar mahasiswa, sehingga mampu mengembangkan kemampuan mahasiswa di bidang itu dan sedia terjun sebagai seorang jurnalis.


"Banyak mahasiswa UNP yang tertarik terjun dalam bidang jurnalistik. Setelah itu, mahasiswa dapat magang di AJI bahkan menimba ilmu di Jayabaya Institute," ucapnya.

(ADP)

×
Berita Terbaru Update