Notification

×

Iklan

Iklan

Rektor UNJ Kukuhkan dan Beri Ucapan Selamat kepada Dua Guru Besar FIP dan FMIPA

Selasa, 19 Juli 2022 | Selasa, Juli 19, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-19T01:15:40Z




Serambiupdate.com
Universitas Negeri Jakarta (UNJ) telah mengukuhkan dua guru besar dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).  Dari FIP, Prof. Dr. Yurniwati, M.Pd yang dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Matematika dan dari FMIPA, Prof. Dr. Agung Purwanto, M.Si yang dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Lingkungan Hidup.


Pidato pertama guru besar disampaikan oleh Prof. Agung Purwanto yang mengangkat judul EM-SETS: Integrasi Pendidikan Lingkungan dan Teknologi dalam Pembelajaran Sains. EM-SETS adalah akronim dari Electronic Module berbasis Science, Environment, Technology, and Society.


Menurutnya, EM-SETS merupakan teknologi yang mengintegrasikan Pendidikan Lingkungan dalam Pembelajaran Sains dengan beberapa keunggulan. Ini termasuk topik diskusi yang lengkap dengan bahasa yang mudah dipahami, dan gambar serta video yang menjelaskan topik bahasan.


Lalu terdapat pertanyaan guna menguji keterampilan dan diskusi pengguna sehingga menerima feedback dari pertanyaan yang dikerjakan. Hasil pengukuran penggunaan EM-SETS sebesar 22 persen dalam pembelajaran peningkatan terhadap siswa.


Alhasil, E-Modul berbasis SETS pada topik elektrokimia yang dikembangkan cocok digunakan sebagai bahan ajar yang interaktif dan menarik bagi SMK sehingga membantu peserta didik pada pembelajaran mandiri.


Berikutnya, pidato kedua disampaikan oleh Yurniwati dengan judul Pengembangan Pedagogical Content Knowledge dalam Memperkuat Literasi Matematis.  Yurniwati bahwa calon guru SD yang mengajarkan matematika harus dibekali Pedagogical Content Knowledge (PCK).


Menurutnya, PCK adalah pemahaman mengenai strategi atau cara untuk calon guru SD yang mengajarkan matematika kepada peserta didik secara efektif. 


Sementara itu, Komarudin selaku Rektor UNJ mengucapkan selamat serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Agung Purwanto dan Yurniwati atas kontribusi keilmuan dan pencapaian jabatan akademik tertinggi dalam dunia pendidikan.


“Saya ucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Agung Purwanto dan Yurniwati atas kontribusi keilmuannya serta pencapaian jabatan akademik tertinggi di dunia pendidikan,” ucapnya.


Menurutnya, pencapaian tersebut patut disyukuri sebab FMIPA dan FIP UNJ meraih tambahan satu orang profesor yang expert di bidangnya terutama pendidikan matematika dan pendidikan lingkungan hidup.


"Semoga pengukuhan guru besar ini dapat menginspirasi para dosen lainnya agar segera menjadi guru besar. Dan semoga capaian yang kita raih saat ini membawa kemaslahatan bagi Universitas Negeri Jakarta dan meraih ridho Allah SWT. Aamiin,” harapnya.


Pada kesempatan yang sama, Ketua Senat UNJ, Hafidz Abbas mengucapkan selamat kepada Agung Purwanto dan Yurniwati atas puncak karier akademiknya.


"Semoga ilmunya bisa bermanfaat untuk kemajuan UNJ dan Indonesia,” pungkasnya.


(ADP)

×
Berita Terbaru Update