Notification

×

Iklan

Iklan

Profesi Akuntansi dan Perkembangan Teknologi

Senin, 25 Juli 2022 | Senin, Juli 25, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-25T02:34:00Z

  


Oleh : Galuh Azizah Ramadhanty

Mahasiswa FEB Uhamka

 


Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi berkembang semakin pesat. Perkembangan teknologi sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Kehadiran perkembangan teknologi dapat meningkatkan kinerja, memungkinkan anda untuk melakukan berbagai aktivitas dengan cepat, tepat, dan akurat, dan pada akhirnya meningkatkan produktivitas. Hal ini menyebabkan banyak perusahaan memindahkan sistem operasi manual mereka ke sistem otomatis. Namun, perkembangan teknologi juga perlu didukung oleh keterampilan penggunanya.

 

Akuntansi merupakan salah satu bidang yang juga dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Sebelumnya, untuk membuat laporan keuangan, perlu dicatat satu persatu lalu menghitungnya secara manual. Karena itu, butuh waktu lama untuk menerima laporan. Apalagi jika ada kesalahan pada laporan keuangan, akan berdampak pada pengaruh buruk bagi aliran dana perusahaan. Oleh karena itu, seorang akuntan harus dapat memahami dan memanfaatkan teknologi sebaik mungkin agar hasil yang dicapai dapat maksimal.

 

Perkembangan akuntansi modern saat ini sangat membantu dalam peningkatan kualitas bidang akuntansi meskipun ada berbagai profesi dalam bidang tersebut, seperti akuntan publik, akuntan manajemen, dan akuntan internal. Pada akuntan publik tidak dapat digantikan oleh teknologi tetapi teknologi dapat membantu akuntan publik dalam mempersiapkan dan mengaudit laporan keuangan. Sedangkan akuntan manajemen, teknologi sangat membantu karena dapat menghemat waktu dan biaya yang dibutuhkan dalam proses bisnis suatu usaha. Dan teknologi juga membantu akuntansi dalam proses bisnis sehingga proses keluar masuk barang atau inventori dapat dilakukan dengan lebih cepat dan juga menghindari kesalahan yang dapat terjadi. Oleh karena itu, kualitas yang dijanjikan oleh seorang akuntan pasti berbeda apabila akuntan yang bekerja menggunakan teknologi dibandingkan dengan akuntan yang bekerja secara manual.

 

Dari situ dapat kita lihat bahwa memang sebagian peran akuntan telah digantikan oleh teknologi. Akan tetapi, hal tersebut tidak akan mampu melakukan pekerjaan sebaik akuntan profesional. Melainkan adanya teknologi dapat membantu para profesi akuntansi untuk  mempermudah atau mempersingkat pekerjaan mereka. Oleh karena itu, akuntan harus meningkatkan keahliannya karena kebutuhan meningkat seiring dengan perkembangan teknologi. Dengan demikian, teknologi dan profesi akuntansi dapat saling bekerja sama.

×
Berita Terbaru Update