Notification

×

Iklan

Iklan

Perpustakaan Hadir Guna Dukung Optimalisasi Pendidikan

Sabtu, 23 Juli 2022 | Sabtu, Juli 23, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-23T05:09:44Z

 





Oleh : Anisa Ramadhani

FKIP Uhamka 


Perpustakaan sebagai salah satu institusi yang bertugas mengumpulkan, mengolah, mengelola, menjalankan, dan diseminasikan berbagai jenis sumber daya informasi yang mencakup berbagai subjek yang tidak dapat dibatasi dengan bidang dan kajian tertentu. Perpustakaan sekolah merupakan sarana yang teramat vital dalam proses belajar mengajar, oleh karena itu perpustakaan sekolah sering dipandang sebagai jantung program pendidikan.

Perpustakaan merupakan tempat dimana bahan pustaka disimpan. Perpustakaan sekolah adalah sarana dan prasarana yang diharapkan dapat menunjang proses belajar mengajar di sekolah sehingga mendorong terwujudnya kualitas pendidikan Indonesia yang berperan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Penyelenggaraan perpustakaan yang baik dan benar meliputi koleksi perpustakaan, pengelolaan koleksi dan pustaka, pelayanan perpustakaan, sarana dan prasarana perpustakaan.

Berdasarkan manfaat dan fungsi dari perpustakaan sekolah, maka perpustakaan sekolah dapat disebut sebagai pusat sumber belajar. Seperti yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Di mana pada pasal 35 Undang-Undang tersebut dikemukakan bahwa setiap satuan pendidikan jalur pendidikan sekolah, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun oleh masyarakat harus menyediakan sumber-sumber belajar. Dan dikemukakan pula bahwa salah satu sumber belajar yang amat penting tapi bukan satu-satunya adalah perpustakaan.

Secara etimologis pendidikan berasal dari bahasa Yunani yaitu pedagogi, di mana pedagogi berarti suatu upaya memberi bimbingan kepada anak. Pendidikan sejalan dengan pedagogi yang berasal dari perkataan Yunani yang dapat diartikan sebagai suatu upaya yang dijalankan oleh seseorang individu atau oleh sekelompok orang melalui pola yang sistematis untuk mempengaruhi seseorang ataupun juga sekelompok orang tertentu agar menjadi dewasa. Dalam kaitan ini pendidikan menunjukkan adanya suatu proses pelimpahan pengetahuan, keterampilan, pengalaman, sikap, dan nilai yang berlangsung secara terintegrasi dari seseorang atau sekelompok orang kepada seseorang atau sekelompok orang lainnya.

Seorang guru dalam sistem pendidikan lama dianggap sebagai sumber segalanya atau ensiklopedia berjalan yang selalu digugu dan ditiru. Dengan kata lain, anak didik tidak diberi kebebasan atau kesempatan untuk menemukan, menelaah, dan melakukan studi mandiri. Namun dalam sistem pendidikan yang kini sedang dijalankan, hal tersebut tidak lagi tepat untuk diterapkan. Para anak didik kini lebih dipandang sebagai subjek pendidikan dan tidak lagi dipandang sebagai objek pendidikan.

Sebagaimana penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa perpustakaan dapat dijadikan sebagai tempat kedua di sekolah untuk belajar, bahkan tidak hanya belajar namun siswa juga bisa mencari kenyamanan sendiri ketika lelah dengan kebisingan di kelas. Hal ini dapat dikatakan sebagai faktor pendukung berjalannya perpustakaan, anak didik yang datang untuk membaca buku-buku pelajaran ataupun sekedar buku bacaan untuk mengisi waktu luang menjadi alasan untuk selalu memperbaiki layanan-layanan di perpustakaan sekolah.

Perpustakaan sekolah yang bisa dibilang tempat ternyaman di sekolah menjadi peluang besar untuk meningkatkan minat baca siswa. Oleh karena itu, sekolah harus mendukung dengan baik kebutuhan perpustakaan untuk pendidikan di sekolah. Perpustakaan yang memiliki fasilitas seadanya pun tetap ada nilai ketertarikan untuk anak didik, dengan itu diharapkan sekolah dapat memfasilitasi perpustakaan yang memadai untuk keberlangsungan pendidikan dengan menyelenggarakan perpustakaan secara efisien dan efektiff. Di mana pendidikan bukan hanya di dapat dari buku pelajaran, namun juga bisa dari buku bacaan siswa seperti buku dongeng, novel, komik,dan lain sebagainya. Karena anak didik akan selalu mencari hal baru untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman, sehingga anak didik memerlukan fasilitas yang mendukungnya. 

Nah, itu dia artikel populer kali ini terkait perpustakaan. Sobat online yuk kita budayakan gemar membaca untuk terwujudnya kualitas pendidikan Indonesia yang berperan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sekian dulu ya sobat online, sampai bertemu di artikel populer selanjutnya. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

×
Berita Terbaru Update