Notification

×

Iklan

Iklan

Media Sosial dalam Dunia Pendidikan SD

Selasa, 19 Juli 2022 | Selasa, Juli 19, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-19T06:04:57Z




Oleh : Miftah Rizky Amalia 

FKIP Uhamka


Media sosial adalah media online yang digunakan sebagai sarana akses internet secara online, dalam media sosial kita dapat berkomunikasi, berinteraksi dan berbagi dengan pengguna media sosial lainnya. Pada umumnya media sosial digunakan pada kalangan remaja ke atas, namun dengan berkembangnya zaman yang semakin pesat banyak anak-anak Sekolah Dasar yang mengakses media sosial. 

Banyak dari mereka yang mengetahui apa itu Google, WhatsApp, Youtube, Instagram, Facebook, Tiktok dan lain sebagainya. Bahkan banyak diantara mereka yang memiliki akun tersebut. Biasanya mereka mengetahui media sosial tersebut dari teman sebayanya, orang tua, keluarganya atau bahkan mereka sendiri. Media sosial yang sering diakses oleh anak Sekolah Dasar yaitu Youtube, dan Google. Mereka senang membuka Youtube karena dengan youtube mereka bisa melihat video kreasi yang menarik, menonton film kartun, mendengarkan lagu dan video kreasi lainnya. Mereka juga sering mengakses google untuk mencari informasi materi pembelajaran ataupun tugas yang diberikan oleh gurunya. 

Setelah dua tahun kebelakang  melewati masa terjadinya pandemi covid 19 mengharuskan siswa dan guru untuk tetap dirumah saja. Sehingga kegiatan belajar-mengajar yang harusnya dilaksanakan di sekolah diubah menjadi pembelajaran daring (online). Proses belajar mengajar di Sekolah Dasar pun kini menggunakan media sosial, seperti WhatsApp, zoom, google meet, Youtube, google classroom dan media sosial lainnya yang mendukung proses pembelajaran jarang jauh atau daring ini. Walaupun sekarang ini pembelajaran di Sekolah Dasar sudah dilakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) tetap saja media sosial tidak bisa dilepas dari guru dan siswa. 

 Adapun pengaruh media sosial terhadap siswa sekolah dasar, antara lain : 

Media sosial digunakan sebagai sumber belajar mengajar. Dengan internet kita dapat mencari materi-materi pelajaran secara luas. 

Sebagai alat komunikasi antara guru dengan siswa dalam proses belajar mengajar

Sebagai media diskusi materi pelajaran karena dengan diskusi melalui media sosial akan lebih mudah dan bisa dilaksanakan dimanapun dan kapanpun

Meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Karena belajar secara online banyak pembelajaran yang dikemas secara menarik dan tidak menoton seperti pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. 

Dengan media sosial mempermudah siswa untuk mengumpulkan tugas sekolah yang telah diberikan oleh guru. 

Siswa dan guru menjadi lebih memahami dan meningkatkan penggunaan media sosial dan teknologi yang semakin canggih dengan lebih mudah. 

Guru membuat media pembelajaran lebih kreatif dan inovatif agar siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran. 


Banyak sekali pengaruh baik manfaat dari media sosial dalam dunia pendidikan pada siswa Sekolah Dasar. Tetapi dalam penggunaan media sosial peran guru juga sangatlah dibutuhkan untuk mendidik dan mengontrol siswanya untuk menggunakan media sosial dalam hal positif seperti belajar dan hiburan yang bermanfaatan. Tidak lupa juga peran dari orang tua untuk mengawasi anaknya dalam menggunakan media sosial, mendisiplin waktu terhadap anak dalam penggunaan media sosial dan tidak melupakan kehidupan nyata atau membuang waktu sia-sia hanya untuk memainkan media sosial. Pengawasan dan didikan terhadap anak dalam penggunaan media sosial sangatlah penting untuk menghindari dari konten negative  pada media sosial ataupun  membuat siswa menjadi malas dalam belajar. 


×
Berita Terbaru Update