Notification

×

Iklan

Iklan

Manfaat Umbi Bit Cegah Anemia, Dosen FFS Uhamka Gelar Pelatihan Pembuatan Minuman Kesehatan

Minggu, 03 Juli 2022 | Minggu, Juli 03, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-06T14:37:02Z

Serambiupdate.com
- Dosen dan mahasiswa Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) bersama Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat diseminasi hasil riset umbi bit yang berkhasiat sebagai antianemia dan pelatihan pembuatan minuman kesehatan berbahan dasar umbi bit. Acara ini bertempat di rumah warga RT 014 RW 05 Malaka Sari Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (2/7).

Kegiatan ini dimoderatori oleh Tuti Wiyati selaku dosen FFS Uhamka dan Ni Putu Ermi Hikmawanti selaku dosen FFS Uhamka dari Unit Bidang Ilmu Biologi Farmasi sebagai pemateri. 


Ni Putu Ermi Hikmawanti selaku dosen FFS Uhamka menyampaikan secara ilmiah khasiat umbi bit dapat mengatasi anemia.

"Selama ini penggunaan umbi bit masih kurang familiar di masyarakat Indonesia karena informasi yang masih terbatas. Meskipun rasanya agak getir, namun jika diolah dengan baik umbi bit dapat memberikan banyak manfaat terhadap kesehatan. Baru-baru ini umbi bit sudah mulai diperkenalkan lewat beberapa situs minuman kesehatan. Pigmen merah pada umbi ini kaya akan antioksidan dan juga kandungan bahan kimia alami lain yang bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mengatasi anemia," tutur  Ni Putu Ermi Hikmawanti.

Dengan demikian, diseminasi hasil riset terhadap pembuktian ilmiah dari tanaman obat termasuk umbi bit menjadi langkah awal untuk dimanfaatkan dengan baik dan tepat. 
×
Berita Terbaru Update