Notification

×

Iklan

Iklan

Manfaat Gunakan Laporan Laba Rugi

Selasa, 26 Juli 2022 | Selasa, Juli 26, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-26T02:37:00Z

  



Oleh : Dina Sukmawati

FEB Uhamka

Saat perusahaan menjalankan suatu aktivitas, tentu saja perusahaan tersebut bertujuan untuk mendapatkan profit atau laba. Maka dari itu perusahaan memerlukan suatu laporan keuangan yang berguna untuk mencatat setiap transaksi transaksi keuangan perusahaan seperti, pendapatan penjualan, harga pokok penjualan, beban pemasaran, beban umum dan administrasi, laba kotor, serta membandingkan pendapatan dan beban-beban yang dikeluarkan untuk mengetahui apakah perusahaan mendapatkan laba atau rugi.

Jenis laporan keuangan yang cocok untuk mengetahui apakah perusahaan mendapatkan laba atau rugi adalah laporan laba rugi. Laporan laba rugi adalah laporan yang berisi informasi mengenai hasil akhir yang di dapat oleh perusahaan dalam periode tertentu. Dengan adanya laporan raba rugi, perusahaan menjadi tahu apakah perusahaan mendapatkan laba atau justru malah mendapatkan kerugian. Ketika pendapatan mendapatkan hasil yang lebih besar daripada pengeluaran, itu berarti perusahaan mendapatkan laba, namun sebaliknya, jika pengeluaran lebih besar daripada pendapatan, itu berarti perusahaan mendapatkan kerugian.

Agar perusahaan mendapatkan laba yang maksimal, maka perusahaan harus melakukan analisa dengan teliti dan melihat trend apa saja yang sedang populer di pasar. Namun tidak hanya itu, untuk mendapatkan laba perusahaan harus bisa menciptakan produk yang berkualitas agar konsumen tetap setia kepada produk kita.

Laporan laba-rugi merupakan titik pangkal penafsiran keberhasilan perusahaan pada periode berikutnya. maka dari itu laporan laba rugi sangat berguna bagi perusahaan untuk mengambil keputusan pada periode yang akan datang. Jika dalam laporan tersebut mendapatkan banyak kerugian, maka perusahaan harus segera menyusun strategi yang tepat. Tapi sebaliknya, jika perusahaan mendapatkan laba, maka perusahaan harus meningkatkan atau mempertahankan produksinya. Dengan adanya pencatatan setiap transaksi, laporan keuangan pada laba rugi akan menjadi jelas dan akurat.

Dengan demikian perusahaan harus mengelola laporan keuangan dengan stabil dan baik untuk memantau bagaimana situasi keuangan perusahaan agar memiliki pencapaian yang maksimal. Perusahaan bisa yang mengelola keuangannya dengan baik, berarti memiliki manajemen yang baik pula.

×
Berita Terbaru Update