Notification

×

Iklan

Iklan

FIBAA Tetapkan Tujuh Prodi di Unand Sukses Capai Akreditasi Internasional

Rabu, 13 Juli 2022 | Rabu, Juli 13, 2022 WIB | Last Updated 2022-07-13T01:00:08Z


Serambiupdate.com
- Sebanyak tujuh program studi di Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat sukses meraih akreditasi internasional dari lembaga Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) yang berbasis di Jerman.


"Setelah melewati proses panjang sejak Desember 2020, tujuh Program Studi di Unand akhirnya sukses memperoleh akreditasi internasional dari FIBAA," ujar Prof Henny Lucida selaku Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Unand di Padang, Minggu.

Ia menyebutkan tujuh program studi yang meraih akreditasi internasional tersebut, yakni S1 Manajemen, Akuntansi, serta Ilmu Ekonomi, S2 Manajemen, serta Akuntansi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Lalu dua program studi S1, yaitu Sastra Indonesia dan Sastra Jepang pada Fakultas Ilmu Budaya.


"Ketujuh Prodi itu terakreditasi oleh FIBAA terhitung sejak 29 Juni 2022 hingga 28 Juni 2027," imbuhnya.


Ia menjelaskan, FIBAA adalah salah satu institusi akreditasi internasional di bawah European Quality Assurance Register (EQAR) untuk pendidikan tinggi yang diakui Dikti berdasarkan Kepmendikbud No. 83/P/2020 mengenai Lembaga Akreditasi Internasional.

FIBAA mempunyai 54 butir kualitas yang dikategorikan ke dalam tujuan
pendidikan, penerimaan mahasiswa baru, kurikulum serta proses pembelajaran, lingkungan akademik termasuk SDM, keuangan dan infrastruktur serta jaminan kualitas dan dokumentasi.

Prof Yuliandri selaku Rektor Unand mengatakan bahwa dengan suksesnya tujuh Prodi terakreditasi FIBBA maka Unand telah memiliki 12 Prodi terakreditasi internasional, termasuk tiga Prodi oleh ABET serta dua Prodi oleh IABEE pada Fakultas Teknik.

"Tahun ini program studi S1 Kimia Fakultas MIPA akan diivisitasi dalam rangka
akreditasi internasional oleh The Royal Society of Chemistry," ungkapnya.


Menurut dia, perolehan akreditasi internasional ini tutur membuktikan bahwa kinerja Unand terkhusus Indikator Kinerja (IKU 8), yakni jumlah program studi yang terakreditasi internasional.


(ADP)

 

×
Berita Terbaru Update